Museum Ullen Sentalu, Wisata Sejarah Lereng Merapi Jogja

Museum Ullen SentaluWisata Sejarah Lereng Gunung Merapi Jogja, jika teman-teman suka berkunjung ke museum, serta melihat unik nan menariknya benda-benda kuno yang dipajang. Serta mendapatkan pengetahuan yang banyak. Disamping itu teman-teman bisa membaca labelnya di setiap benda yang dipajang. Jangan lupa untuk foto-foto terlebih dahulu, jangan tidak medapat pengetahuan apa-apaya teman-teman. Museum Ullen ini memilik i arsitekturnya yang keren, tampilan koleksi-koleksinya menarik. Ruangannya yang sejuk alami bikin betah.

Museum Ullen Sentalu - Wisata Sejarah Lereng Gunung Merapi Jogja

Baca juga artikel : Jembatan gantung kali boyong

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum di daerah Kaliurang Yogyakarta yang bikin teman-teman menjadi penasaran. Beberapa orang mengatakan kalau museum ini salah satu tempat wajib ketika berkunjung di Jogja. Museum Ullen Sentalu ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram dengan konsep yang berbeda dari museum-museum di Jogja. Harga tiketnya cukup merogoh saku sebesar Rp. 30,000 untuk pengunjung lokal dewasa. Tapi harga tiket itu worth it banget, karena banyaknya informasi yang diperoleh. Harga tiket sudah termasuk guides, jamu Ratu Mas serta biaya parkir.

Baca juga artikel : Green Village Gedangsari

Museum Ullen Sentalu identik dengan benda-benda peninggalan masa lalu, tetapi juga berfungsi sebagai galeri seni yang didominasi karya seniman-seniman modern. Teman-teman tidak diperbolehkan mendokumentasikan sebagian besar area museum, karena karya-karya itu tidak bisa sembarangan dipublikasikan. Sebagian besar koleksi terdiri dari lukisan dan foto. Konsep museum ini lebih menekankan kepada kisah atau peristiwa di balik setiap benda. Setiap pemandu berperan sebagai pencerita kisah-kisah tersebut teman-teman akan lebih mudah menyerap informasinya.seakan-akan teman-teman seakan dibawa ke masa lalu.

Museum Ullen Sentalu - Wisata Sejarah Lereng Gunung Merapi Jogjakarta

Baca juga artikel : Desa Wisata Kedung Sari

Jika teman-teman berada di museum ini medapatkan informasi seperti, fotonya Sultan Hamengkubuwono, di Ullen Sentalu teman-teman diberi cerita masa kecil Sultan. Informasinya jauh lebih mudah dipahami. Di museum ini teman-teman akan tahu apa bedanya batik Yogyakarta dan batik Solo, lalu tahu filosofi dari detail-detail baju pengantin Jawa, akan tahu kalau permaisuri suka bawa kunci gembok kemana-mana dan ada raja yang jomblo seumur hidup karena enggak dibolehin nikah sama ibunya.

Baca juga artikel : Dam Sabo Bronggang Kaliurang

Setiap Guides biasanya memandu rombongan sekitar 15 orang. Untuk masuk ke museum ini memang tidak bisa rombongan besar, di karenakan ruangannya yang sempit. Teman-teman akan dibawa dari ruangan satu ke ruangan lain, dari bangunan satu menuju bangunan berikutnya, dengan Guides yang terus bercerita. Teman-teman yakin kalau pemandunya sudah belajar dari puluhan buku sejarah, karena fasihnya bercerita dan tidak berhenti-berhenti.

Baca juga artikel : Air Terjun Kembang Soka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.