Tips Perawatan Mobil Avanza

Rate this post

Mobil itu seperti anak kecil yang perlu diperhatikan dan disayang. Mobil juga ibarat rumah kedua bagi kita, yang bisa di gunakan untuk istirahat maupun rumah berjalan. Mobil itu juga perlu perawatan apalagi mobil yang digunakan untuk berpergian jauh, butuh perawatan dan pemeliharaan, terutama untuk mobil Avanza. Mobil  inisering juga digunakan oleh penyedia jasa sewa mobil di jogja.

Apa yang bisa dilakukan dalam merawat mobil avanza?

Berbicara mengenai mobil Avanza, salah satu kekurangan dari mobil ini adalah mesin sulit di hidupkan saat pagi hari ataupun pada saat cuaca dingin. Oleh karena itu mobil ini perlu adanya perhatian khusus terutama pada bagian komponen, seperti terminal aki, aki, dan komponen lainnya. Terminal aki pada mobil ini juga sering-sering di cek kondisinya Apakah ada penumpukan karat? Mungkin ada bagian dari kabel aki yang mengendur? Ataupun ada bagian-bagian pada aki yang perlu dibersihkan, semua itu perlu adanya perhatian yang khusus.

Penyebab lainnya dan perlu adanya perhatian khusus seperti injektor bahan bakar, kompresi yang terlalu rendah, pengaturan desakan bahan bakar ataupun aki yang habis. Mesin yang merupakan komponen penting dan mempunyai banyak fungsi salah satunya sebagai penggerak kendaraan. Untuk itu akan menjadi masalah apabila mesin pada mobil anda mengalami masalah seperti diatas. Oleh sebab itu perlu adanya perawatan yang ekstra, mungkin cara-cara dibawah ini bisa anda lakukan untuk merawat mobil, khususnya avanza.

Adapun cara atau tips perawatan mobil avanza sebagai berikut:

  1. Panasi mesin kendaraan mobil avanza anda setidaknya 10-15 menit sebelum anda gunakan. Dengan cara ini dapat memaksimalkan kerja dari oli mesin yang dapat melumasi komponen pada mesin hingga kedalam celah-celah terkecil. 
  2. Rutin melakukan pergantian oli yang berkala dengan menggunakan oli mesin yang berkualitas. Sebab oli merupakan faktor penting yang mempengaruhi umur pada mesin mobil anda, apalagi kalau anda gunakan untuk jasa sewa mobil. Melakukan pergantian oli yang rutin dan dilakukan secara berkala dapat membuat mesin selalu baru dan terlindungi. Hal itu dapat memperpanjang usia mesin mobil anda.
  3. Selalu rutinkan membersihkan filter udara pada mesin kendaraan mobil anda.
  4. Cek terus pengapian dan aki pada modil anda
  5. Cek juga dan memastikan kondisi dari injektor, choke serta kompresi silinder dalam keadaan stabil.
  6. Lakukan secara rutin pengecekan air radiator pada mesin mobil anda. Sebab air radiator merupakan kompoen terpenting yang berfungsi mendinginkan mesin mobil anda.

Demikian beberapa hal serta tips perawatan mobil avanza yang bisa anda lakukan. Sebab mobil itu bisa dianalogikan sebagai rumah kedua bagi kita. Apalagi kalau mobil digunakan untuk jasa rental mobil jogja, tips-tips diatas perlu dikalakukan secara berkala, untuk memanjakan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*