Air Terjun Kembang Soka Gunungkelir, Girimulyo Kulonprogo Yogyakarta

Air TerjunAir Terjun Kembang Soka, Gunungkelir, Girimulyo Daerah Kabupaten Kulonprogo adalah kota yang mempunyai banyak objek wisata yang populer sekali. Objek wisata Kulonprogo mempunyai keunikannya masing-masing di tiap daerahnya. Pemandangan surga alamnya yang menggoda menjadi terangsang mata para wisatawan yang berkunjung, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Di Kulonprogo yang baru hits adalah salah satu objek wisata dengan pemandangan indah dan sejuk menggoda dana menawan yaitu adalah Air terjun Kembang Soka Gunungkelir.

Air Terjun Kembang Soka Gunungkelir, Girimulyo Kulonprogo Yogyakarta Foto by CV Wira Tour Jogja

Sebenarnya Air Terjun Kembang Soka Gunungkelir sudah dibuka sebagai objek wisata alam pada tahun 2015 lalu. Untuk lokasinya sendiri, wisata air terjun tersebut dikelola oleh warga Gunungkelir sekitar yaitu Pokdarwis : Kelompok Sadar Wisata Jatimulyo. Pengelola objek wisata air terjun Kembang Soka, air terjun ini usdah banyak dikenal oleh masyarakat luas setelah konon katanya ada orang yang memotret air terjun tersebut lalu diupload ke media sosialnya. Pada zaman dulu air terjun kembang soka ini belum sangat terkenal tidak seperti sekarang.

baca juga artikel : Air Terjun Kedung Kandang

Untuk saat ini air terjun kembang soka sudah banyak dikenal masyarakat lalu mereka kemudian mulai berdatangan ke tempat tersebut. Setelah banyak juga diupload dan dikenal di media sosial, akhirnya banyak kalangan anak muda yang berdatangan untuk sekedar berfoto atau menikmati indah dan sejuknya pemandangan air terjun ini. Semenjak banyaknya orang yang mengunjungi tempat air terjun ini, warga sekitar mulai berinisiatif untuk membangun akses jalan menuju air terjun tersebut supaya pengunjung bisa sampai di lokasi dengan mudah dan tidak kesasar ke tempat yang salah.

Air Terjun Kembang Soka Gunungkelir, Girimulyo Kulonprogo Yogyakarta Foto by CV Wira Tour Jogjakarta

baca juga artikel : Wisata Air OWABONG Purbalingga

Saat ini seluruh khas dana yang dipergunakan dalam membangun fasilitas area air terjun serta mengembangkan objek wisata air terjun Kembang Soka ini, dari merupakan hasil dari pemasukan penjualan tiket masuk dan parkir kendaraan. Sikap Kemandirian warga itu lah yang nantinya diimplementasikan guna untuk mengelola objek wisata air terjun tersebut, dengan melibatkan warga sekitar yang dapat mengurangi pengangguran warga sekitar. Air Terjun kembang soka ini tepatnya terletak di Dusun Gunungkelir Jatimulyo Girimulyo Kulonprogo, dan air terjun Kembang Soka mempunyai kisah sejarah yang menarik, bahwa konon pada zaman dulu kala para leluhur di desa gunungkelir, air terjun Kembang Soka tersebut dapat menyembuhkan orang dari berbagai penyakit.

baca juga artikel : Perengan Park Spot Selfie Baru

Misalnya jika ada anak-anak kecil yang sakit, anak tersebut dimandikan di bawah Grojogan (air terjun) Kembang Soka ini, setelah mandi anak-anak kecil tersebut langsung sembuh. Ia juga menambahkan bahwa selain warga sekitar yang memanfaatkan penyembuhan penyakit dari air terjun Kembang Soka. Dahulu juga banyak masyarakat dari luar yang mengambil air di air terjun Kembang Soka untuk prosesi penyembuhan.

baca juga artikel : Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Paket Wisata Jogja Murah

Paket Study Tour, Paket Wisata 1 Hari, paket wisata 2 hari 1 malam, paket wisata 3 hari 2 malam, paket wisata 4 hari 3 malam, paket wisata 5 hari 4 malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.