Jadah Khas Boyolali, Legitnya Menggoda Ketannya Nikmat Banget

BoyolaliJadah Khas Boyolali, siapa yang tak kenal dengan makanan khas boyolali kota satu susu ini? Pesona wisata alam dan wisata kulinernya yang begitu indah menggoda serta dataran tingginya yang memacu adrenalin, oya teman-teman, di boyolali itu ternyata memberikan ciri khas yang berbeda dari wisata kulinernya. Nahh ini salah satunya adalah Jadah. Apa itu jadah? Jadah itu adalah salah satu kulineran khas Boyolali yang menjadi ikon Kota susu ini.

Jadah Khas Boyolali, Legitnya Menggoda Ketannya Nikmat Banget promo lebaran paket wisata dan tour jogja tahun ini 2018

Ini nih teman-teman, salah satu kuliner tradisional dari kota susu, jajanan ini terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa yang di bumbui dengan bumbu rempah khas, apa coba teman-teman bisa jawab apa tidak? Jajanan khas boyolali ini terlihat seperti bantalan ketan yang dihaluskan dan dibubuhi serondeng, tapi tetap dengan citarasa yang menggoda.

Baca artikel juga : jadah tempe kaliurang

Keunikan dari macam-macam makanan jadah sendiri tidak hanya teman-teman temukan di daerah Selo boyolali saja, namun juga dapat ditemukan di kawasan Kaliurang Jogja ya teman-teman. Tapi ada sedikit perbedaan ya, antara jadah bakar selo dengan jadah bakar kaliurang. Apa coba tebak perbedaan?, ini nih saya kasih penjelelasannya. Perbedaannya itu kalau jadah Kecamatan Selo, Boyolali di bakar terlebih dahulu sebelum disajikan bersama serondeng dan  dibumbui gula jawa, Nah, kalau untuk jadah yang di Daerah Kaliurang tidak dibakar dan untuk pasangannya yaitu menggunakan tempe bacem. Tetapi untuk penyajian dari jadah itu sendiri menggunakan piring rotan yang diberi daun pisang sebagai alasnya.

Nah, bagi teman-teman yang khususnya kuliner addict jangan lupa sejenak mampir dan menikmati lezatnya Jadah Bakar khas Boyolali ini yaa.pasti rasanya nikmat banget lezat menggoda, dan juga mampu bikin tubuh ajdi anget banget. Karena ketan yang sudah bercampur kelapa, dibakar di atas tungku arang yang panas, tetapi ada juga yang sudah menggunakan tungku yang sudah modern. Ketan halus yang dibentuk kotak tersebut dibakar sampai mengeluarkan warna kecoklatan atau sedikit gosong dan aromanya harum yaa teman-teman, jadi bukan gosong semua tapi cuma sebagian saja.

Jadah Khas Boyolali, Legitnya Menggoda Ketannya Nikmat Banget promo lebaran paket wisata dan tour jogja tahun ini

Baca juga artikel : Taman Indrokilo Boyolali

Setelah dibakar lalu ditaburi kelapa parut yang siap langsung disantap. Masyarakat yang berkunjung atau masyarakat setempat biasanya menikmati jadah bakar ini bersama tempe bacem, jikalau ada yang lebih enak lagi yaitu dengan ayam bumbu kecap dan disantap saaat jam makan siang, jagan buat sarapan yaa teman-teman, karena ketan itu keras, nanti malah kalau gak kuat bikin sakit perut. Karena perut belum diisi dengan makanan lainnya.

Saya dan Doi sempat mencicipi jadah bakar tersebut setelah lelah keliling ke tempat wisata yang ada di Selo Boyolali. Oya teman-teman rasa ketan bakar tersebut berpadu dengan kelapa ternyata menghasilkan rasa gurih yang pas banget. Tekstur lembut dan legit yang tak terlalu keras dan lembek, jadah memang sangat cocok disantap siapapun teman-teman. Ketika dicampur dengan bumbu kelapa, rasa gurih, pedas, asin, bercampur melted legit di mulut. Bumbu kelapa tersebut sangat mirip dengan dendeng kelapa, tetapi didominasi rasa gurih pedas rempahnya.

 

Paket Wisata Jogja Murah

Paket Study Tour, Paket Wisata 1 Hari, paket wisata 2 hari 1 malam, paket wisata 3 hari 2 malam, paket wisata 4 hari 3 malam, paket wisata 5 hari 4 malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.