Goa Pindul

Keasyikan menyusuri Goa Pindul

goa pindul 1

Tempat wisata di Gunungkidul sungguh menarik wisata alamnya, salah satunya Goa Pindul. Goa Pindul yang memiliki panjang sekitar 350 m, dengan lebar hingga 5 m, dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, mempunyai kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki sekitar 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap dan waktu tempuh untuk menyusuri goa ini  sekitar 45 menit. Di dalam goa ini anda akan melihat pesona alam yang sungguh menakjubkan, yang tidak bisa terucap dengan kata-kata. Di dalam goa ini anda bisa menikmati keindahan goa dengan Cavetubing ataupun rafting.

Cavetubing itu hampir sama dengan rafting yaitu kegiatan menyusuri goa tetapi media yang di gunakan berbeda. Jika rafting (arung jeram) adalah sebuah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan media perahu, sedangkan cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan media ban dalam. Karena aliran air yang ada di Gua Pindul ini cukup  tenang maka melakukan cavetubing di Gua ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil juga pada yang pernah melakukannya asal bisa menjaga kandungannya.

Dibagian tengah Goa Pindul terdapat sebuah ruangan yang lumayan agak besar dengan sebuah lubang diatasnya dan warga setempat menamai atau menyebutnya dengan nama sumur terbalik. Cahaya yang berasal dari sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah yang seringkali  digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR dalam operasi penyelamatan atau digunakan hanya untuk sekedar latihan penyelamatan.

Saat anda melakukan kegiatan susur gua di dalam Gua Pindul. Anda dapat menemukan sebuah stalagtit yang saling menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa. Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan besarnya mempunyai peringkat no 4 di dunia. Stalagtit yang bentuknya menyerupai seperti putting ini yang masih aktif siap menanti anda dengan tetesan airnya yang konon bisa mmbuat cantik dan awet muda. Dan bagi yangg lelaki untuk menambah tenaga dan vitalitas yang telah ditunggu stalagtit jantan dengan anda cukup memegang aja udah terasa bedannya.

Bagi adik-adik yang ingin berada di zona terang sering digunakan untuk berenang. Lompat indah sambil melihat ikan yang cukup besar yang saling memamerkan keindahan tubuhnya. Adapun juga Stalagmit dan stalagtit yang saling menyatu, dan menjadi yang terbesar ke-4 di dunia, butuh sekitar 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya itu hanya cukup dilewati satu orang saja. Besar dibagian tengah Goa yang katanya sebagai tiang Goa.Keindahan itu semakin lengkap dengan adanya beraneka ragam  ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai harganya. Mata kristal dari Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa Pindul.

goa pindul 2

Lokasi menuju goa pindul lumayan melelahkan di samping jalannya bekelok-kelok tetapi pemandangan alam sekitarnya sungguh mempesona. Apabila anda ingin pergi berwisata kesana anda bisa menggunakan kendaraan sendiri ataupun jasa sewa mobil jogja. kemungkinan anda tidak kecewa akan pesona alam dari obyek wisata goa pindul ini.

Rute Menuju Goa Pindul

Dari Yogyakarta menuju ke Jalan Raya Wonosari lalu ke arah Piyungan naik kearah Bukit Patuk lalu menuju Hutan Bunder selanjutnya kearah  Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) terus menuju Lapangan Gading ada Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) kearah Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) menuju Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri selanjutnya Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) terus lurus hingga lampu merah ada Perempatan lampu merah lurus terus Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri lalu Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*