Alun Alun Kidul

2.5 (50%) 2 votes

Alun-Alun kidul dengan kemeriahannya di malam hari

alun-alun selatan 1

Alun-alun Kidul menurut tatanan arsitektur tradisional Jawa dikenal istilah Catur Gatra Tunggal, artinya empat elemen dalam satu kesatuan. Hal ini dapat disaksikan di sejarah Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tempat berdirinya keraton, masjid, alun-alun, dan pasar. Masing-masing berfungsi sebagai pusat kekuasaan, ibadah, kegiatan rakyat, dan perekonomi. Yogyakarta yang mempunyai dua alun-alun, satu ada di sebelah depan keraton yang disebut dengan Alun-Alun Utara (alun-alun lor), satu lagi berada di sebelah belakang yang disebut Alun-Alun Selatan (alun-alun kidul). Letak Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sendiri berada di pada sebuah garis imajiner yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton, dan Pantai Parangtritis.

Alun-alun selatan juga menjadi tempat favorit bagi anak muda untuk menghabiskan waktu di malam hari dengan pasangannya. Sahabat wira akan melihat betaba banyak amak muda yang lalu lalang memutari alun-lalun selatan dengan menggunakan sepeda yang di hias dan juga dalam bentuk mobil. Sepeda itu merupakan sebuah daya tarik dan bisa di sewakan juga. Apabila sahabat wira mau menaikinya, bisalangsung menyewanya dan bisa tanya-tanya langsung kesana.

Sahabat wira jangan khawatir, pemandangan malam hari begitu mempesona, dan di tambah lagi gemerlap cahaya lampu yang berasar dari pancaran lampu sepeda hias tersebut. Di sini juga sahabat wira bisa menikmati sepeda tersebut dengan teman dan keluarga, maupun pasangannya juga.

alun-alun selatan 2

Sahabat wira juga bisa menghabiskan malam dengan pasangan di alun-alun selatan. Disana juga terdapat banyak pedagang yang menawarkan aneka dagangannya, berupa makanan, mainan anak , maupun pedagang minuman.

Lokasi alun-alun utara deket dengan pusat kota, malioboro maupun kraton jogja. Jadi sehabis dari Alun-alun selatan sahabat wira bisa langsung mampir di malioboro untuk berbelanja ataupun menghabiskan waktu malam. Jogja memang indah di siang hari maupun malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*