Kue Geplak, Manis dan Sehat

2.9 (58.57%) 14 votes

Saat jalan-jalan di jogja, ada makanan yang menurut kebanyakan orang dulu menjadi makanan favorit dan digemari. Makanan ini juga menjadi makanan khas yang sangat manis. Makanan yang berasal dari jogja ini menjadi pilihan fovorit saat berkunjung di jogja terutama di daerah Bantul. Makanan itu adalah “Geplak”.

Berbicara mengenai “geplak” makanan ini mempunyai rasa yang manis dan berwarna warni. Mengapa makanan ini manis?, menurut informasi yang kami peroleh, makanan ini bahannya terbuat dari parutan kelapa dengan menggunakan gula pasir atau gula jawa.  Bentuk makanan ini juga bulat, kalau orang jawa ” Geplak kuwi bentuk e rodho bunder, gawene di kepeli”. Itu sebabnya geplak berbentuk bulatan-bulatan dari daging kelapa yang disajikan dengan rasa manis.

Menikmati Geplak Bantul
Sajian Geplak Bantul by Nusantarakuliner.com

Pada awalnya geplak yang merupakan salah satu kekayaan wisata kuliner berasa manis ini hanya memiliki warna putih dan kelam. Warna putih dan kelam itu di dapat dari hasih warna dari parutan kelapa dengan gula jawa. Namun seiring dengan permntaan pasar dan perkembangan jaman, olahan makanan tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan rasa yang bermacam-macam. Warna dan rasa yang bervariasi sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipi dan membelinya.

Menurut sejarah yang ada, dahulu geplak sering dijadikan oleh masyarakat sekitar sebagai makanan utama pengganti beras. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya bahan baku pembuat geplak yaitu daging kelapa. Pada waktu dulu selain berlimpahnya kelapa juga berlimpahnya lahan tebu yang diolah untuk menjadi gula. Pengolahan tebu menjadi guka itu di lakukan di pabrik-pabrik pengolahan tebu seperti Madukismo yang masih ada sampai saat ini.

Melimpah ruwahnya bahan pembuatan geplak terlebih saat musim paceklik membuat geplak menjadi pilihan sebagai makanan pengganti beras. Pada waktu dulu saat makanan utama yaitu beras sulit di cari karena beberapa alasan, masyarakat mulai gundah dan gelisah. Pada akhirnya masarakat sekitar khususnya masyarakat di bantul memanfaatkan bahan yang mwelimpah lainnya. Maka jadilah “Geplak”.

Kue geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Bantul dan merupakan bagian dari oleh-oleh khas jogja. Makanan atau kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula.  Kemudian makanan ini diolah sehingga menghasilkan makanan yang manis dan enak. Makanan ini berbentuk bulat-bulat kecil lalu di buat tampilan yang begitu warna-warni. Sehingga dapat membuat orang penasaran dan tertarik untuk mencicipi makanan ini.

Makanan ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Yogyakarta apalagi di Bantul. Hmm,,, berapa harganya ya? Banyak toko oleh-oleh yang menyediakan makanan ini dengan harga yang cukup terjangkau. Makanan ini biasanya dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu atau lebih dikenal dengan nama “besek”. Di dalam “besek” makanan ini ditata sedemikian rupa sehingga tampilannya bisa benar-benar menarik. Bagi anda yang sedang berkunjung dan berlibur di Yogyakarta, jangan lupa untuk mencicipi kuliner ini ya. Saat mau pulang makanan ini juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Nah, bagi anda yang belum sempat mengunjungi jogja, anda juga bisa praktek membuat makanan ini di rumah dengan menerapkan resep berikut.


Makanan Geplak Bantul
Aneka Makanan Geplak by Khariimatullhafsah.wordpress.com

Resep Membuat Kue Geplak Khas Jogja

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 1 butir kelapa, parut lah memanjang
  • 750 gr tepung beras
  • 500 gr gula pasir
  • 250 ml air matang
  • ¼ sdt garam
  • Pewarna makanan sesuai selera (merah, kuning, hijau, dll)

Proses dalam pebuatannya:

  1. Sangrai tepung beras hingga kering.
  2. Tambahkan kelapa parut.
  3. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  4. Sisihkan sebentar.
  5. Rebus air dan gula pasir.
  6. Aduk-aduk hingga gula larut.
  7. Tunggu hingga mendidih.
  8. Masukan adonan kelapa ke dalam air rebusan gula.
  9. Aduk secara cepat hingga adonan tercampur rata dan mengental laki angkat.
  10. Bagi adonan menjadi beberapa bagian.
  11. Beri masing-masing pewarna makanan sesuai selera dan biarkan satu adonan berwarna putih (tidak diberi pewarna).
  12. Ambil secukupnya adonan, bulatkan menggunakan tangan dengan ukuran kira-kira sebesar bola ping-pong atau sesuai selera, lakukan cara tersebut hingga selesai.
  13. Tunggu hingga adonan dingin dan mengeras laku hidangkan.

Seperti itulah resep dan cara pembuatan makanan ini, cukup mudah untuk diikuti bukan? Bagi anda yang tertarik dengan makanan ini, anda langsung bisa mempraktikan resep di atas. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba sekaligus mempraktekan!


Referensi

  1. ^ Resepseharihari.com, “Resep Membuat Kue Geplak Khas Jogja yang Manis dan Enak“. diakses 13 agustus 2017.
  2. ^ Gudeg.net, “Geplak“, diakses 14 agustus 2017.
  3. ^ Wikipedia, “Geplak“, diakses 15 agustus 2017.
  4. ^ Nusantarakuliner.com, “Wisata Kuliner di jogja | Geplak Oleh-oleh khas Bantul”, diakses 16 agustus 2017.
  5. ^ Khariimatullhafsah.wordpress.com, “Resep Geplak Ala Hotel”, diakses 16 agustus 2017.
  6. ^ Laila2130.wordpress.com”Geplak Itu Istimewa”, , diakses 16 agustus 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*