Pesona Bukit Teletubbies Jogja

4.4 (88%) 5 votes

Dulu sebelum gempa terjadi yang mengguncang Jogja beberapa tahun silam, di salah satu stasiun televisi swasta sering menayangkan film anak-anak. Film itu berjudul “Teletubbies”, didalamnya menceritakan tentang empat boneka lucu, keempat boneka itu adalah Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po. Mereka sangat akrap dan kompak, di dalam film ini juga mereka tinggal di sebuah rumah yang berbentuk setengah lingkaran/Dome. Akan tetapi di dunia nyata juga ada rumah yang mirip seperti di serial film Teletubbies.

bukit teletubbies 1

Salah satunya berada di daerah Jogja, di sana ada salah satu kampung yang rumah-rumah penduduk tersebut menyerupai rumah Telutubbies tersebut. Bentuk rumahnya setengah lingkaran atau seperti dome, jadi di daerah situ sangat dikenal dengan komplek rumah Teletubbies. Rumah-rumah ini dulunya dibangun pasca gempa besar yang menggoyang Jogja 2006 silam. Jadi rumah ini dibangun untuk korban gempa di daerah situ.

Dengan perkembangan waktu melihat kenangan sebab dibangunnya kompelks Teletubbies ini, Sekarang menjadi salah satu obyek wisata yang menurut para wisatawan “wisata yang unik”.  Kompleks Teletubbies ini atau bukit Teletubbies yang merupakan tempat wisata yang baru berada dekat dengan obyek wisata Candi Ijo dan Candi Ratu Boko yang masih di daerah prambanan. Apabila mau mengunjungi kesini disarankan sebelum matahari terbit ataupun sebelum terbenam sangat direkomendasikan, pemandangannya begitu indah.

Lokasi Wisata Bukit Teletubbies Jogja

Bukit ini memang sangat indah, sayang tidak dikunjungi, ngomong-ngomong mengenai lokasinya. Wisata bukit ini berada di lokasi wisata dusun Nglepen Sumberharjo Prambanan Sleman. Dari pusat kota/kraton jogja lokasi ini berada sekitar 21 km atau kira-kira sekitar 1 jam peerjalanan. Apabila kesana disarankan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa sewa mobil jogja sebab jarang sekarang kendaraan umum yang lewat kesana.

Saat mau kesana adapun rute yang bisa diambil apabila dari Jogja/Kraton Jogja anda bisa menuju Jln. Sultan Agung → Jln. Kusumanegara → Jln. Janti → Jln. Maguwo → Jln. Raya Berbah → Jln. Berbah-Prambanan → Jln. Piyungan-Prambanan → prampatan jlatren ambil ke kanan ikuti papan penunjuk jalan yang menuju ke arah wisata bukit Teletubbies Jogja.

Fasilitas dan tiket masuknya

Saat mengunjungi lokasi wisata ini, pengunjung bisa membayar tiket masuknya seiklasnya tidak dipatok harga tiket masuknya. Akan tetapi kita dikenakan biaya parkirnya, untuk motor dikenakan Rp. 2000,00 sedangkan untuk mobil kita membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000,00. Saat disana kita juga dapat beberapa fasilitas yang disediakan seperti gasebo, menara pandang, taman, tempat duduk maupun tempat parkir. Semua pelayanan dan fasilitas tersebut difungsikan untuk memanjakan pengunjung yang datang ke obyek wisata disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*