Museum Gunung Merapi

Dibalik Berdirinya dan Lokasi Museum Gunung Merapi

museum gunung berapi

Apabila sahabat wira sedang berkunjung, berjalan-jalan ataupun berwisata di jogja, tidak lupa untuk mampir di salah satu museum yang ada di jogja. Museum ini tidak kalah indahnya dengan Museum Beteng Vredeburg. Museum juga ini mengingatkan kita betapa ganasnya letusan gunung merapi pada tahun 2010. Museum ini menjadi salah satu pilihan wisata favorit saat sahabat wira berkunjung di jogja. Wisata Museum ini terkenal dengan nama Museum Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi yang berlokasi di wilayah lokasi wisata kabupaten sleman yang berada di daerah kawasan lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya lokasi Museum Gunung Merapi Ini berada di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di museum ini sahabat wira bisa belajar mengenai penanganan saat terjadi bencana gunung berapi mulai dari peringatan status gunung berapi sampai penanganan pengungsi korban bencana gunung berapi.

Di museum ini banyak alat peraga tentang gunung merapi dan fasilitas lainnya guna penunjang pembelajaran mengenai bencana gunung berapi. Di museum ini sahabat wira bisa melihat replika gunung merapi saat terjadi letusan. Museum Gunung Merapi ini juga terdapat fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, tempat makan, area parkir yang cukup luas dan ada berberapa fasilitas penunjang lainnya. Di museum ini selain untuk tempat belajar dan edukasi di museum ini sahabat wira juga bisa berwisata sambil berkumpul keluarga. Museum Gunung Merapi mengingatkan betapa alam ini sangat indah apabila kita sama-sama menjaganya dan tidak merusaknya.

museum gunung merapi 2

Untuk rute menuju lokasi wisata Museum Gunung Api Merapi ini aksesnya terbilang cukup mudah, sebab lokasi tempat wisata Museum Gunung Merapi ini terletak satu arah atau satu jalur dengan kawasan tempat wisata Kaliurang. Apabila sahabat wira datang dari arah Jogja, silakan sahabat wira menuju dan menyusuri Jalan Kaliurang dan sekitar kurang lebih 20 km perjalanan, sahabat wira bisa berbelok ke arah kiri, lalu sahabat wira bisa ikuti jalan menuju tempat wisata Kaliurang dari pintu masuk yang berada di sebelah barat (Jalan Boyong). Tak berapa lama sahabat wira akan menemukan gerbang masuk kawasan obyek wisata Kaliurang. Setelah itu sahabat wira belok kanan, obyek wisata Museum Gunung Merapi terletak persis di ujung jalan tersebut.

Sahabat wira yang ingin berkunjung ke Museum Gunung Merapi disarankan untuk membawa kendaran pribadi baik mobil maupun motor ataupun menggunakan jasa penyedia sewa mobil jogja. Hal ini disebabkan tidak adanya angkutan umum yang melintasi di lokasi wisata Museum Gunung Merapi ini, sehingga Sahabat wira harus berjalan kaki sekitar 2 km dari Jalan Kaliurang. Namun, jika Sahabat wira  tetap ingin menggunakan angkutan umum, Sahabat wira dapat naik mikromini jurusan Jogja-Kaliurang. Setelah sampai tepat di depan gedung Oasis Crisis Center, silakan Sahabat wira turun kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri Jalan Boyong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*