Candi Sari

Rate this post

Candi Sari dengan Pesona dan Sejarahnya

Candi-sari_09N7994

Candi Sari adalah candi Buddha yang berada tidak jauh dari Candi Sambi Sari, Candi Kalasan dan Candi Prambanan, yaitu di bagian sebelah timur laut dari kota Yogyakarta, dan tidak begitu jauh dari Bandara Adisucipto. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno dengan bentuk yang sangat indah. Pada bagian atas candi ini terdapat 9 buah stupa seperti yang nampak pada stupa di Candi Borobudur, dan tersusun dalam 3 deretan sejajar.

 

Bentuk bangunan candi serta ukiran relief yang ada pada dinding candi sangat mirip dengan relief di Candi Plaosan. Beberapa ruangan bertingkat dua berada persis di bawah masing-masing stupa, dan diperkirakan dipakai untuk tempat meditasi bagi para pendeta Buddha (bhiksu) pada zaman dahulunya. Candi Sari pada masa lampau merupakan suatu Vihara Buddha, dan dipakai sebagai tempat belajar dan berguru bagi para bhiksu.

Terlihat Candi Sambi Sari berdiri tegak dan kokoh meskipun usianya sudah puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun, tetapi candi tersebut masih memiliki struktur bangunan yang masih utuh, sehingga dapat anda lihat bagusnya Candi Sari. Apalagi untuk mengabadikan diri anda bersama candi yang satu ini, tentunya merupakan momen yang istimewa bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*