candi plaosan 2

Candi Plaosan Klaten – Harga tiket fasilitas dan Lokasi

Candi Plaosan Klaten dengan Lokasi & Sejarah Berdirinya

 

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur – laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.

Candi-Plaosan-2

Candi ini berdiri sejak Abad ke-9 yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun oleh  Sri Kahaluan dan Raja Rakai Pikatan. Yang mana terdapat 2 kawasan dalam kompleks candi yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang dipisahkan dengan jarak 20 meter. Berlokasi sekitar 1 km dari Candi Prambanan dan Candi Sewu, letaknya berdekatan dengan pemukiman wargadan mudah diakses. 

Memiliki banyak arsitektur indah dan relief dengan corak Budha  yang menghiasi sepanjang dinding karena terdapatnya arca budha, kemuncak stupa dan candi perwara. Namun sebenarnya candi ini adalah bukti cinta Rakai Pikatan yang bilau beragama Hindu untuk istrinya Pramudya Wardhani yang beragama Budha. Candi ini dibangun sebagai bukti dari perjuangan cinta 2 manusia yang berbeda agama, dengan arsitektur dan relief yang menggambarkan 2 kepercayaan tersebut. Baca juga restoran unik di jogja Jogja Airport Resto

candi plaosan 1

 

Karena candi ini dibagi menjadi 2 kawasan dan dari 2 agama, maka terdapat 2 bagian relief juga yang berbeda satu sama lain. Seperti pada candi bagian utara yang memiliki aneka relief yang menggambarkan tokoh wanita. Lalu disisi selatan terdapat relief yang menggambarkan laki-laki. Yang ke dua bagian dikelilingi oleh 116 stupa dan 50 Candi Perwara. Disetiap kawasan candi nya memiliki 6 ruang yang berada di bagian atas dan bawah. Dan di bagian tengahnya terdapat 3 arca Budha yang sedang duduk berjajar yang menghadap ke pintu masuk.

Harga tiket Candi Plaosan

Candi ini bisa dikunjungi setiap hari senin – minggu mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Setiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 untuk perawatan candi. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik sebaiknya datang saat diadakannya Festival Candi Kembar yang rutin diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Klaten. 

candi plaosan

Fasilitas Candi Plaosan

Sebagai objek wisata  candi, Candi Plaosan ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap diantaranya :

  • Area Parkir Luas
  • Toilet
  • Pusat Informasi
  • dan tempat makan.

Lokasi Candi Plaosan

Kompleks percandian ini masuk wilayah Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Jaraknya dair Yogyakarta justru lebih dekat karena memang berada di perbatasan Jogja dan tidak jauh dari pusat kota, sekitar 18 kilometer. Sementara jika dari Klaten, jaraknya sedikit lebih jauh kurang lebih 24 kilometer.

Bila menumpang kendaraan pribadi dari Jogja, anda bisa melewati fly over Janti jalur menuju Solo sampai ke Kecamatan Prambanan. Setelah tiba di persimpangan menuju Kantor Pos, ambil jalur kiri menuju Manisrenggo, Klaten. Setelah itu tinggal ikuti petunjuk yang ada. Untuk yang menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan Trans Jogja lalu turun di Terminal Prambanan. Alternatif lainnya yaitu naik bus antarkota dengan rute Jogja – Solo lalu turun di Candi Prambanan. Setelahnya lanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Info menarik lainnya seputar objek wisata Jogja

Lokasi tepatnya Candi Palosan cek via Google Maps berikut.