Candi Ijo

Panorama Mengagumkan di Candi Ijo

candi ijo 1

Saat Berkeliling menikmati indahnya kota jogja yang begitu nyaman, seakan bisa melupakan kepenatan yang melanda, dan waktu berputar dengan cepatnya. Jogja juga merupakan salah satu destinasi favorit wisata yang ada di indonesia. Dan bayak destinasi wisata yang ada di sini, mulai dari wisata pantainya yang indah sampai wisata candinya yang mempesona.

Ngomong-ngomong mengenai wisata candi. Terlintas di pikaran mengenai indahnya salah satu candi yang ada di daerah  Jogja. Apalagi keindahannya di padukan saat sore hari maupun pagi hari saat kondisi cerah. Kita bisa melihat panorama alam yang berbeda seakan kita tidak mau meninggalkannya. Nama candi yang indah ini adalah Candi Ijo.

Lokasi Candi Ijo

Candi ijo memang indah apalagi kalau di padukan dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya, sempat terlintas di pikiran tentang pertanyaan, apa itu candi ijo?, mengapa candi ini dibangun? Berbicaraa mengenai pembangunan candi ijo, bangunan candi peninggalan bersejarah ini bisa menjadikan bukti sejarah, betapa hebatnya orang terdahulu membangunnya. Dan bagaimana kehidupannya, apa kehidupan masyarakat masa lalu sama dengan kehidupan smasyarakat sekarang. Itu masih menjadi pertanyaan bagi kita.

Candi ijo masih berada di dalam lokasi wisata Jogja, candi ini berada di kabupaten Sleman sebelah timur, yang berbatasan dengan kabupaten Bantul, dan alamat candi ini tepatnya berada di kawasan lokasi wisata Groyokan, desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi candi inii lumayan sangat strategis untuk menikmati pesona alam yang ada di sekitar candi dan menikmati pesona kota Jogja, sebab candi ini berada di lereng barat sebuah bukit, bukit ini juga masih merupakan salah satu bagian dari Perbukitan Batur Agung.

Candi Ijo ini juga berada dekat dengan Candi Ratu Boko yang jaraknya sekitar kurang lebih 4 Km perjalanan. Candi ini juga berada pada ketinggian  sekitar kurang lebih 375 meter diatas permukaan laut, sehingga kita bisa menikmati keindahan jogja dari ketinggian.

Sejarah Pembangunan Candi Ijo

Mengenai pembangunan candi ini (diambil dari beberapa referensi), perkiraan pembangunannya sekitar pada abad 10 Masehi, ada juga yang menafsirkan sekitar antara kurun waktu pada abad 10 masehi sampai 11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. (sumber. Wikipedia). Sebab candi ini di namakan “Candi Ijo”, sebab candi ini berada di daerah perbukitan yang di sana terdapat padang rumput yang berwarna hijau, dan bukit ini sama masyarakat sekitar sering di sebut dengan nama Gumuk Ijo.

Luas komplek lokasi wisata Candi Ijo ini  sekitar kurang lebih 0,8 hektar, namun perkiraan sebenarnya mengenai komplek candi tersebut bisa lebih luas lagi dari luas yang sekarang, sebab Lereng perbukitan yang berada di sekitar candi Ijo, di lereng  perbukitansebelah utara dan sebelah selatan yang sering di tambang oleh masyarakat sekitar masih ditemukan beberapa artefak yang masih mempunyai hubungan erat dengan candi ini. (sumber. Candi.Perpusnas.go.id)

Candi Ijo ini Mempunyai latar belakang Candi Hindu. Mengenai kompleks tata letak candi ijo ini terdiri dari Kompleks candi induk, candi pengapit dan candi perwara. Untuk letak dari candi induk ini menghadap ke barat dan di hadapannya berjajar sekitar tiga candi yang lebih kecil ukurannya dari candi induk. Bangunan pada candi induk ini, kaki candi dasarnya berbentuk persegi (segi empat), terdapat pintu masuk ke dalam candi yang berada di pertengahan dinding candi sebelah barat yang diapit oleh dua jendela.  Atap dari candi ini bertingkat-tingkat yang terbentuk dari beberapa susunan segi empat, susunan segi empat tersebut apabila makin keatas susunan tersebut  semakin mengecil dan di setiap sisi tedapat deretan sekitar tiga stupa pada masing-masing tingkat lalu terdapat sebuah stupa yang berukuran lebih besar berada di puncak atap.

Apabila sahabat ingin kesana sahabat bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa rental mobil Jogja, sebab sahabat bisa nyaman berangkat kapan aja ataupun pulangnya bisa kapan aja. Jangan lupa sahabat mengecek kondisi kendaraannya agar sahabat bisa nyaman saat berada di perjalanan.

candi ijo2

Bagaimana sahabat? Apa sahabat tertarik dan penasaran mengenai panorama dan keindahan Candi Ijo Jogja?

Mari sahabat bisa ajak teman, sahabat, keluarga, orang yang di cintai, ataupun siapa saja untuk menikmati pesona alam kesini,  di Candi Ijo

“ow iya para sahabat wira, jika sahabat suka mengenai artikel atau catatan kecil ini mengenai Panorama Candi Ijo ini bisa sahabat share ke siapa aja atau teman-temanmu yang belum tau mengenai candi ini, sekalian sahabat juga bisa memajukan pariwisata yang ada di indonesia khususnya wisata di jogja”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*