puthuk setumbu

Punthuk Setumbu – Fasilitas, Lokasi dan Harga tiket

 Pesona Alam dari Punthuk Setumbu dan Suasana Sunset

 

Punthuk Setumbu merupakan nama sebuah bukit yang terletak sekitar 4 km arah barat Candi Borobudur terletak di Desa Karangrejo. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jogja, banyak wisatawan yang menganggap beberapa tempat wisata di Magelang terletak di Jogja. Seperti candi prambanan dan bukit puntuk setumbu ini. Menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dipagi hari dengan lautan awan dan pantulan cahaya sunrise dari balik Gunung Merapi. Kebanyakan wisatawan menyebut objek wisata ini dengan nama Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu.

Phutuk Setumbu salah satu tempat yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota. Dikarenakan tempat ini menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise yang ada di sekitar Candi Borobudur. Pemandangan indah dari ketinggian kurang lebih 400 mdpl ini di antaranya hamparan pohon, bukit, dan pegunungan dengan diselimuti awan putih yang membentang luas. Salah satu spot yang cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi landscape karena keindahan alam yang ditawarkannya.

punthuk setumbu 3

Pemandangan yang didapat saat sunrise tiba seperti salah satu wisata terkenal yang ada di myanmar. Untuk yang ingin berburu sunrise indah di punthuk setumbu bisa menyewa penginapan murah yang ada di sekitar lokasi. Lalu untuk rute perjalanan ke bukitnya sendiri anda dapat berjalan kaki, naik sepeda, atau naik ojek. Karena walaupun jaraknya hanya 20 menit berjalan kaki tapi cukup menguras tenaga. Walaupun akan menyenangkan untuk berjalan kaki ke puncak karena udara nya yang sejuk, dingin dan asri.

Di Punthuk Setumbu mata anda akan melihat sesuatu yang tidak biasanya anda temukan. Hidung anda tidak akan menghidup udara yang tidak seperti biasanya karena udaranya segar, dan fikiran anda akan fresh sejenak dan menumbuhkan semangat baru. Sesampainya di puncak walaupun tidak begitu luas, namun di puncak sudah disediakan gazebo dan kursi untuk wisatawan yang ingin beristirahat. Karena itu sangat disarankan untuk datang lebih awal agar kamu tidak kehabisan tempat. Baca juga Shingu korean fan cafe Jogja

 

punthuk setumbu

Fasilitas di Punthuk Setumbu

Sejak awal dibuka pihak pengelola selalu memberikan perkembangan fasilitas yang di sediakan untuk pengunjung. Sehingga fasilitas yang ada di objek wisata ini pun terbilang lengkap diantaranya :

  • Penginapan
  • WC
  • Tempat Parkir
  • Ojek menuju puncak
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Gardu Pandang (Spot Foto)
  • Camp Ground
  • Dan masih banyak lainnya

Harga tiket di Punthuk Setumbu

Kebanyakan fasilitas yang ada di Punthuk Setumbu harga sewanya sekitar Rp. 5.000 kecuali fasilitas foto. Karena menurut informasi dari pihak pengelola fasilitas spot foto yang ada disini semuanya gratis. Tapi ada beberapa yang menyediakan jasa foto dengan tarif tertentu. Setiap hari mulai buka saat fajar sekitar pukul 05.00 – 17.00 WIB.

  • Tiket masuk : Rp 15.000 / orang (lokal)
  • Tiket masuk : Rp 30.000 / orang (asing)
  • Parkir motor : Rp 2.000
  • Parkir mobil : Rp 5.000
  • Penginapan : Rp 50.000 – Rp 100.000 / malam

Jika tidak ingin menyewa penginapan anda bisa berkemah di puncak bukit Punthuk Setumbu, walaupun areanya tidak terlalu luas.

artikel lainnya Rafting Sungai Oyo – Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

Lokasi Punthuk Setumbu

Lokasi tepatnya wisata ini berada di Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang-Yogyakarta (33 menit) dan 4 km dari Candi Borobudur melalui Jl. Ngaran Kidul (11 menit). 
Untuk lokasi tepatnya Punthuk Setumbu cek via Google Maps berikut.

nb : 
sumber google
daftar harga dan fasilitas dapat berubah sewaktu-waktu.