Ullen Sentalu

Rate this post

Sejarah di Museum Ullen Sentalu Peninggalannya

museum ullen sentalu 1

Museum ullen Sentalu letaknya berada di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, dan merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi berbagai macam batik (baik gaya Yogyakarta ataupun Surakarta).

Di Museum Ullen Sentalu ini, juga menampilkan para raja-raja beserta dengan permaisurinya menggunakan berbagai macam pakaian yang dikenakan dalam sehari-harinya.

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Di Museum Ullen Sentalu dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan.

Lokasi yang lumayan agak jauh, Sahabat wira bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa sewa mobil jogja. Lokasi Museum Ullen Sentalu ini lumayan agak jauh dari pusat kota jogja. Sahabat wira bisa membawa bekal ataupun makanan ringan buat cemilan pas di jalan pada saat menuju ke lokasi museum tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*