Pantai Sadranan yang Mempesona

Rate this post

Keindahan alamnya yang ditawarkan Pantai Sadranan

pantai sadranan 1

Seolah tak pernah habis cerita mengenai Gunung Kidul, terlebih mengenai pantai-pantai yang mengelilinginya. Tentu saja, bagi beberapa orang yang sempat ke Gunungkidul, selalu menjadi salah satu obyek tempat wisata yang seolah memiliki sihir tersendiri dibanding obyek wisata lainnya di Yogyakarta. Seakan-akan gunungkidul selalu saja menyembunyikan surga-surga tersembunyi di jogja. Beberapa waktu yang lalu, baru ngehits sebuah pantai di gunungkidul sebagai tempat snorkling yaitu pantai nglambor. Tapi ternyata tidak hanya pantai nglambor  yang bisa digunakan untuk snorkling di gunungkidul. Ada beberapa pantai lain di di gunungkidul yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan bawah laut, salah satunya adalah pantai sadranan.

Hampir sama dengan pantai lain di jogja pantai sadranan adalah pantai di gunungkidul dengan karakter pasir berwarna putih dan karang di pinggir pantai, hanya saja di pantai sadranan karang cenderung sedikitt serta di dominasi pasir putih saja. Pantai yang berada di antara pantai krakal dan pantai indrayanti ini masih sangat sepi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hanya ketika hari libur sjaa akan sedikit lebih ramai dari pada hari-hari biasa. Tapi itulah yang menjadi daya tarik pantai sadaranan. Sepi dan tenang.

Pantai dengan pasir putih dan belum banyak terjamah orang ini sangat cocok bagi kamu yang mungkin lagi galau dan pengen menyegarkan pikiran. Selain enak buat nyantai, di pantai ini juga kamu bisa snorkeling di pantai ini. Karakteristik ombak di pantai ini pun nggak jauh-jauh beda sama yang di pantai nglambor yang ombaknya nggak terlalu gede di bibir pantai.

Berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Untuk menuju Pantai Sadranan di butuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Rutenya dari pusat kota Jogja seperti biasa, langsung mengambil arah menuju Jalan Wonosari. Setelah sampai di Kota Wonosari, ambil jalur yang mengarah ke pantai baron. Namun setelah melewati pos retribusi kita bakal menjumpai pertigaan jika kekanan pantai baron, nah kita lurus saja terus menuju arah pantai krakal. Nah Pantai Sadranan ini berada di sebelah timur dari pantai krakal. Kalau menurut warga sekitaran, nama pantai Sadranan ini di ambil karena pantai ini kerap digunakan untuk melakukan nyadran sesajen ke laut.

pantai sadranan 2

Fasilitas di pantai sadranan sendiri cukup lengkap. Mulai dari rumah makan yang menyediakan menu seafood sampai toilet dan kamar mandi juga seudah tersedia. Jika pengunjung membawa rombongan yang cukup banyak di pantai sadranan gunungkidul tersedia sebuah gasebo besar yang muat di isi belasan orang. Sangat cocok bagi wisatawan yang mengadakan pesta di pinggir pantai secara kecil kecilan. Atau jika membawa rombongan cuma beberapa orang saja atau satu keluarga cukup menyewa gazebo kecil-kecil yang banyak berderet di pinggir pantai sadranan. Atau bisa juga tiduran di pinggir pantai dengan menyewa payung pantai dengan karpetnya. untuk harga biasanya berksiar antara 10.000 sampai 25.000 rupiah.

Di pantai sadranan juga terdapat sebuah penginapan yang berada di atas bukit. Sebuah penginapan yang sangat indah dengan view lautan luas. Atau bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai. Hanya saja pengelola pantai biasanya akan memperingatkan pengunjung tidak membuang sampah bekas camp di pinggir pantai. Yang  paling seru di pantai sadranan adalah snorklingnya. Jika sebelumnya pantai nglambor sebagai pioner snorkling di gunungkidul maka pantai sadranan adalah lokasi yang tidak kalah indah. pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami dan sangat cocok bagi kamu yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air, dan ingin berinteraksi langsung denngan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan – ikan cantik. Bahkan ada beberapa ikan langka dan di lindungi yang berada di pantai sadranan.

Bagi kamu yang nggak bisa snorkeling tapi pengen belajar snorkeling di pantai sadranan, tidak perlu khawatir tentang alat dan keamanan karena pengelola telah menyediakan persewaan peralatan snorkeling plus pemandu untuk mengajarkan teknik senorkeling sekaligus sebagai pemandu menuju spot-spot snorkeling terbaik. Harga sewa yang di tawarkan pun sangat fantastis, cukup dengan Rp 50.000/pax kamu sudah dapat alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung serta sepatu plus pemandu. Tarif ini berlaku untuk dua jam. Bagi kamu yang masih pemula, sebelumnya akan di latih terlebih dahulu dasar-dasar mengenai penggunaan alat snorkeling agar nantinya nyaman dan juga kamu nantu bakal diajarkna juga cara menarik perhatian ikan ikan agar mau mendekat dan tidak takut saat didekati.

Terdapat beberapa spot favorit yang nantinya akan di tunjukkan oleh pemandu, diantaranya spot Watu pecah dan Kali Senggoro. Di dua spot ini snorkeler akan di suguhi dengan pemandangan biota laut yang asih alami. Terumbu karang yang mempesona dan spesies–spesies langka yang di lindungi seperti ikan Kepe–Kepe, Areng–Areng, Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Kerondong (Belut Moray), anakan Kerapu, Belanak, Muniran/ Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon, dan lain–lain.

Selain cocok bagi kamu yang galau maupun kamu yang suka snorkeling, di Pantai Sadranan Wonosari cocok juga bagi kamu para pecinta alam, karena tempat ini juga sangat cocok untuk bermalam dan ber-camping dan api unggun. Kalau misal kamu nggak bawa dome atau malas bawa dome dari jogja, kamu juga bisa lhohh menyewa dome di penyawaan yang ada di sekitaran lokasi pantai. Untuk seewa dome ini kamu bakal di bandrol dengan harga Rp 50.000 selama 24 jam di lengkapi fasilitas karpet dan kapasitas empat orang untuk satu dome.

pantai sadranan 3

 

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Pantai Sadranan dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. LIHAT PAKET : 

 

1. Paket Wisata 1 Hari

2. Paket Wisata 2 Hari 1 Malam

3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam

4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam

5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam

6. Paket Wisata Lainnya

 

► You Tube : Wira Tour Jogja

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*