Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal Panorama yang Tersembunyi dan Pantainya

pantaipoktunggal

Pantai Pok Tunggal masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Pulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti dan Pantai Siung). Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Di Pantai Pok Tunggal juga terdapat sebuah mata air tawar. Mata air ini kemungkinan bersumber dari aliran sungai bawah tanah yang memang menjadi ciri khas kawasan bukit karst. Mata air ini kemudian dimanfaatkan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya yang membuka warung makan di area pantai serta untuk keperluan kamar mandi umum yang merupakan hasil swadaya penduduk lokal.

Pada sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang. Pesona Pantai Pok Tunggal Gunungkidul sesungguhnya lebih terletak pada tebing-tebing tinggi yang berbaris sejajar dan terlihat kokoh membentengi pantai dari dunia luar. Tebing yang berdiri tegak lurus dengan ketinggian mencapai 50 meter ini sebenarnya berpotensi untuk dikembangkan menjadi arena panjat tebing. Di antara tebing-tebing yang tersebar di sekeliling Pantai Pok Tunggal, Anda masih dapat menjumpai berbagai primata liar yang hidup di sana. Beberapa di antaranya adalah sekelompok monyet liar yang sesekali terlihat melompat di antara tebing pada arah timur pantai tersebut.

pantaipoktunggal

Pantai Pok Tunggal sendiri tergolong pantai baru, dan karena itu kebersihan pantai ini masih sangat dijaga sebagai daya tarik untuk wisatawan akan kenyamanan dan kebersihan pantainya. Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena di lokasi pantai ini terdapat pohon langka dan masih kokoh berdiri yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal). Anda dapat sekadar menikmati pemandangan maupun berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Pasir di sini cukup landai, sehingga tempat ini cukup aman untuk berenang. Baca juga Keindahan Pantai Indrayanti.

Ramainya wisatawan domestik maupun mancanegara membuat pengelola pantai mengembangkan kawasan ini. Bisa dilihat dari banyaknya warung makan maupun tempat beristirahat mirip dengan gazebo. Beberapa penginapan juga tersedia di sini. Di kawasan pantai juga sudah terdapat toilet umum. Selain itu, di kawasan pantai juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk camping atau berkemah. Hal ini rasanya akan menjadi pengalaman berkesan dengan menghabiskan malam di tenda sambil menikmati sapuan angin malam yang diselingi debur ombak. Bahkan, tersedia juga rental tenda dome yang disediakan penduduk lokal bagi Anda yang memang ingin bermalam di kawasan Pantai Pok Tunggal ini. Jika Anda bermaksud untuk pulang selepas menikmati sunset di sana, maka Anda harus ekstra hati-hati sebab jalanan yang harus dilalui sungguh sangat minim lampu penerangan. Jalanan sempit, terjal, berkelok, dan berbatu adalah resiko bahaya yang harus Anda pikul.

pantaipoktunggall

► You Tube : Wira Tour Jogja

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Pantai Pok Tunggal dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

LIHAT PAKET : 

1. Paket Wisata 1 Hari

2. Paket Wisata 2 Hari 1 Malam

3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam

4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam

5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam

6. Paket Wisata Lainnya

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*