Mengingat Kenangan di Beringhardjo

Keramaian Pengunjung Pasar Beringharjoberingharjo

Salah satu hal yang membuat Jogja itu ngengenin adalah pasar beringharjo. Pasar yang berada di pusat kota Jogja ini berada di sepanjang jalan Malioboro dan menjadi pesona kota jogja Beringharjo adalah pasar yang sangat komplit, dari berbagai macam dagangan. Mulai dari barang baru sampai masa lampau, dari barang mewah sampai barang murah, dari bahan pokok hingga batangan rokok, pokoknya komplit deh.

Beringharjo sendiri adalah pasar peninggalan Belanda, jadi tak heran kalau arsitekturnya masih seperti zaman Belanda. Beringharjo ini juga menajdi pusat ekonomi Jogja, karena pasar ini tetap buka 24 jam. 

Dan hal yang paling menarik dari Beringharjo adalah saat berbelanja oleh oleh khas Jogja, salah satunya adalah batik. Deretan penjual batik saling berderetan, mulai dari batik 20 ribuan hingga jutaan ada semua di beringharjo. Keseruan di Beringharjo adalah penjual yang ramah dalam menjajakan daganganya, deretan ibu ibu dan mbak mbak dengan ramah menyapa calon pembeli. Penjual pun tak marah meskipun kita tidak jadi beli.

Saat paling seru adalah saat tawar menawar barang dagangan, ini kita harus pandai dalam melobi penjual. Memang harga dari barang barang yang ada di Beringharjo ini termasuk murah, namun jika kita bisa menawar dengan ramah dan jurus yang hebat, bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah lagi. Keseruan lain adalah, desak desakan para pengunjung pasar. Ini karena saking banyaknya pengunjung Beringharjo, sehingga tak jarang saling berdesakan dengan ibu ibu muda. Namun yang perlu diwaspadai dari Beringharjo adalah orang orang yang tak bertanggung jawab, yaitu pencopet.

Kita harus hati hati dalam mengamankan barang bawaan kita, jangan sampai keseruan belanja harus hilang dalam sekejap karena kita kecopetan. Jam Operasional Pasar Beringharjo mulai buka sekitar pukul 05.00 dan resmi tutup pukul 17.00 wib. Tapi denyut pasar tidak lantas mati, karena mulai pukul 18.00 hingga tengah malam, biasanya terdapat penjual gudeg di depan pasar yang juga menawarkan kikil dan varian oseng-oseng. Sambil makan, anda bisa mendengarkan musik tradisional Jawa yang diputar atau bercakap dengan penjual yang biasanya menyapa dengan akrab.

 

TIPS BERBELANJA MURAH

Belanja di Pasar Beringharjo gampang gampang susah. Perlu teknik tersendiri agar Santap Mania tidak terjebak dan kecewa akan kualitas barang yang dijual. Inilah beberapa tip untuk mendapatkan barang berkualitas wahid namun murah meriah.

Pakailah Bahasa Jawa untuk mendekatkan diri dengan penjualnya. Meskipun sudah banyak pedagang dari etnis lain seperti Padang dan Tionghoa, namun menggunakan Bahasa Jawa akan menjadikan transaksi kita akrab dan penjual tidak menawarkan dengan harga selangit.

Strategi Belanja Saat Awal Buka dan Menjelang Tutup. Pasar Beringharjo buka jam 9 dan tutup jam 4 sore. Gunakan strategi untuk merebut hati penjual pada jam tersebut. Dijamin Anda akan mendapat harga pembuka dan penutup yang ramah di kocek Anda.

Menawar 1/3 dari Harga Semula. Singkirkan perasaan tidak enak ketika berbelanja di Pasar Beringharjo. Buka penawaran Anda dengan  harga sepertiganya karena penjual sudah menaikkan harga terlebih dahulu.

Belilah dengan Jumlah Banyak : Sifat Pasar Beringharjo adalah grosir. Semakin banyak Anda membeli, semakin turun harganya. Coba Anda buktikan dengan memborong batik!

Belanja keroyokan, Penjual di Pasar Beringharjo suka kalau Anda membawa teman banyak karena dagangannya akan laku banyak.

Berpura pura Meninggalkan Kios jika Tawaran Gagal, Cara ini paling jitu untuk mempermainkan penjual yang masih kukuh dengan harga yang ditawarkannya. Pakailah trik ini dan berganti ke kios lain, pasti penjual memanggil Anda untuk menurunkan bahkan menyetujui harga Anda.

 

 

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Pasar Beringharjo dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. LIHAT PAKET : 

1. Paket Wisata 1 Hari

2. Paket Wisata 2 Hari 1 Malam

3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam

4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam

5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam

6. Paket Wisata Lainnya

 

► You Tube : Wira Tour Jogja

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*