Pasar Seni Gabusan Sentral Kerajinan Bantul

Rate this post

Keanekaragaman seni dan kerajian di Pasar Seni Gabusan

pasar seni gabusan 3

Bantul dengan beragam potensi alam dan masyarakatnya menjadikan salah satu wilayah di Provinsi DIY yang memberikan kontribusi di bidang pariwisata, seni dan budaya. Parangtritis, Sentra Kerajinan Kulit-Manding, Kasongan, Pantai Baron dan masih banyak tempat yang memiliki potensi wisata baik lokal maupun mancanegara. Keterbatasan secara materiil yang berpengaruh terhadap modal bagi usaha kecil tidak menghambat maupun menurunkan kreativitas masyarakat Bantul dalam mengembangkan potensi mereka dengan alam. Segala jenis tumbuhan dan kondisi alam dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pemenuhan kebutuhan yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk kerajinan.

Salah satu alternatif memperkenalkan produksi kerajinan kepada masyarakat lokal maupun mancanegara dalam satu wadah yaitu dibangunnya kawasan Pasar Seni Gabusan. Terletak di Jalan Parangtritis km. 9 yang merupakan kawasan yang strategis karena berdekatan dengan Sentra Kerajinan-Manding dan Tembi yang memiliki sekitar 50 homestay khas kampung yang sangat disukai wisatawan asing. Selain komoditas hasil kerajinan yang dipasarkan, Kawasan Pasar Seni Gabusan juga menyediakan tempat untuk menyelenggarakan ajang kreativitas dan seni seperti pagelaran wayang kulit, pertunjukkan musik, pameran maupun acara tertentu yang terkait dengan potensi daerah.

pasar seni gabusan 2

Sejak awal dibangun, Gabusan dirancang untuk membuka akses pengrajin ke pasar internasional. Perancangan bangunan pasar ini tak hanya melibatkan arsitek dalam negeri saja, tetapi juga mancanegara, tentu dengan menonjolkan arsitektur lokal. Terbagi dalam 16 los, Gabusan menjual kerajinan dari ragam bahan dasar, mulai dari kulit, logam, kayu, tanah liat hingga eceng gondok.

Pernak-pernik kecil yang fungsional bagi anda maupun keluarga juga terdapat di pasar ini. Tentu dengan desain yang lebih artistik sehingga memiliki nilai tambah di samping fungsi utamanya. Sebuah pigura, misalnya, banyak yang didesain menarik meski dengan bentuk yang standar. Ada yang bagian pinggirnya dihiasi motif tertentu, misalnya motif seperti naga, sehingga semakin mempercantik. Pernik lain seperti tempat pensil juga terdapat dalam berbagai variasi. Ada sebuah tempat pensil yang berbentuk orang sedang duduk dengan hiasan rambut berwarna putih di bagian kepalanya, sementara lubang tempat pensilnya terdapat di bagian depan. Akan lebih banyak lagi pernak-pernik hasil kreatifitas warga Bantul yang dapat dijumpai, seperti baki (alat penyaji minuman) dengan desainnya yang beragam.

pasar seni gabusan 1

Sebuah pusat informasi yang terdapat di ruko yang terletak di kawasan ini akan membantu anda mencari produk kerajinan yang diinginkan. Di pusat informasi itu, anda bisa melihat detail produk beserta harga dan di kios mana memesan. Terhubung dengan jaringan internet, adanya pusat informasi ini sekaligus memberi petunjuk bagia anda bahwa semua barang yang tersedia di Pasar Seni Gabusan bisa dipesan secara online. Secara bertahap, pusat informasi maupun Pasar Seni Gabusan akan menampung 8015 unit kerajinan yang ada di seantero Bantul.

 

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Pasar Seni Gabusan dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. LIHAT PAKET : 

 

1. Paket Wisata 1 Hari

2. Paket Wisata 2 Hari 1 Malam

3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam

4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam

5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam

6. Paket Wisata Lainnya

 

► You Tube : Wira Tour Jogja

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*