Desa Wisata Gerabah Kasongan Bantul

kasongangerabah kasongan

Kasongan adalah nama daerah tujuan wisata dan merupakan salah satu wilayah di kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan hasil kerajinan gerabahnya. Kasongan juga masuk dikawasan desa bangunharjo, kecamatan kasihan, kabupaten bantul. Kasongan mulanya merupakan tanah persawahan milik penduduk desa, pada masa penjajahan Belanda, disalah satu petak persawahan milik salah satu warga ditemukan seekor kuda yang mati. Kuda yang di perkirakan milik penjajah belanda, maka warga yang memiliki tanah itu takut dan segera melepaskan hak kepemilikannya yang kemudian tidak diakuinya lagi. Ketakutan serupa juga terjadi pada penduduk lainnya yang memiliki sawah disekitarnya yang akhirnya juga melepaskan hak tanahnya, karena banyaknya tanah yang bebas, maka penduduk desa lainnya segera mengakui tanah tersebut. 

Penduduk yang tidak memiliki tanah tersebut kemudian beralih profesi menjadi seorang pengrajin keramik, yang mulanya hanya mengepal-ngepal tanah yang tidak pecah bila disatukan, yang tujuannya hanya untuk mainan anak dan perabot dapur saja, karena ketekunan dan tradisi yang turun temurun kasongan akhirnya menjadi desa wisata yang terkenal di domestik maupun mancanegara. Sejak tahun 1971 – 1972 desa wisata kasongan mengalami kemajuan pesat. Sapto Hudoyo (seorang seniman besar yogyakarta) membantu mengembangkan Desa Wisata Kasongan dengan membina masyarakatnya yang sebagian besar pengrajin, dan memberikan berbagai sentuhan seni dan komersial bagi desain kerajinan gerabah sehingga gerabah yang dihasilkan tidak menimbuklan kesan yang membosankan saat melihatnya, namun bisa memberikan nilai seni dan nilai ekonomi yang tinggi. Keramik kasongan dikomersilkan dalam skalabesar oleh Sahid Keramik sekitar tahun 1980-an.

Berbagai karya kerajinan dari gerabah yang dihasilkan di desa wisata kasongan pada umumnya berupa guci dengan berbagai motif, pot juga di buat dari berbagai ukuran dari mulai yang kecil hingga yang besar, souvenir, pigura, hiasan dinding, dsb. Karya kerajinan dari gerabah dari tahun ke tahun terus di kembangkan dan bervariasi bentuknya meliputi bunga tiruan dari daun pisang, perabotan dari bambu, topeng-topengan dan masih banyak lainnya. Hasil kerajinan itu sudah banyak di ekspor ke mancanegara, baik di asia, eropa, bahkan amerika.

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke desa wisata kasongan dan tidak mau ribet kami CV Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. LIHAT PAKET

 

► You Tube : Wira Tour Jogja

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

 

 
 
Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari

Paket 1 Hari Paket 2 Hari 1 malam Paket 3 Hari 2 malam
Paket 4 Hari 3 malam Paket 5 Hari 4 malam Paket Study Tour

Tujuan Wisata Bisa Di Rubah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *