Keasyikan Snorkeling di Jogja

Rate this post

Keindahan wanaha bawah air di jogja

umbul ponggok

Yogyakarta merupakan Salah satu kota tujuan wisata paling populer yang ada di Indonesia. Obyek wisata yang ada di Jogja tak kalah menarik dengan yang ada di Bandung ataupun Pulau dewata Bali. Tempat wisata di Jogja demikian terkenalnya sehingga membuat daerah ini menjadi salah satu tempat tujuan banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Aneka wisata di Jogja sungguh bervariasi, dimulai dari wisata budaya, tempat kuliner, hingga wisata candi Jogja, dan ada juga tempat buat snorkeling.

Paling banyak tempat snorkeling di Jogja yaitu berada di wilayah Gunungkidul. Mungkin jika anda ingin mencoba merasakan keindahan masing-masing pantai ini tidak akan cukup dalam sehari meskipun memang jarak pantai satu dengan yang lain masih berjajar. Wisata Pantai di Gunung Kidul memang layak dijadikan destinasi liburan anda. Dari masing-masing pantai juga memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya atau berbagai kegiatan yang dapat anda lakukan disana, anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di pantai Gunungkidul Yogyakarta ini, selain menikmati suasana pantai, anda juga dapat menikmati kuliner yang berbeda-beda yang nikmat tentunya, anda juga dapat melakukan snorkeling di pantai Gunungkidul. Pantai yang bisa dijadikan tempat untuk bersnorkeling diantaranya pantai nglambor, pantai sadranan, umbul ponggok, dan masih banyak juga pantai-pantai yang ada digunungkidul.

pabtai sadranan 2

Snorkeling di Pantai Nglambor

Siapa sangka di jogja terdapat spot snorkeling juga, tak mau kalah dengan Bali, di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta juga memiliki sebuah pantai yang sangat cocok untuk kegiatan snorkeling, bukan Pantai Krakal ataupun Wediombo, melainkan Pantai Nglambor, berbeda dengan diving, untuk snorkeling kita tidak membutuhkan peralatan dan latihan khusus, jadi semua orang bisa melakukannya. Banyak wisatawan yang belum tahu lokasi pantai cantik di Jogja ini, Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Gunung Kidul, tepatnya diantara Pantai Siung dan Jogan, hanya tebing-tebing karst yang memisahkan ketiga pantai indah tersebut, kini Pantai Nglambor menjadi spot snorkeling paling favorit di Jogja selain Pantai Sadranan.

pantai nglambor

Pantai yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, menjadi salah satu pantai yang unik karena menawarkan keindahan pemandangan bawah lautnya. Pantai Nglambor, obyek wisata air ini berada di kawasan Pantai Siung Gunungkidul. Pantai Nglambor ini memiliki bentuk seperti teluk, dan di sekelilingnya terdapat bukit kapur layaknya benteng yang melindungi pantai ini. Garis pantai ini tidak terlalu panjang, dengan pasir berwarna putih yang kasar. Di hadapan pantai ini terdapat dua batu karang besar yang melindungi pantai dari ganasnya ombak Samudra Hindia.  Bentuknya yang menyerupai teluk, dan terdapat dua buah batu karang besar yang bentuknya menyerupai kura-kura tersebut yang menyebabkan pantai Nglambor terlindungi dari ombak dan bisa digunakan untuk snorkeling.

Kekayaan alam ini bisa membuat anda seolah berada di alam lain. Wisata Pantai Nglambor ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa menawan dan bisa dikagumi. Dengan karang sebagai penghias bawah laut, Pantai Nglambor ini rasa rasanya akan membuat anda menjadi bangga dengan Gunungkidul.  Selain di tumbuhi karang-karang seperti pantai-pantai lainnya di gunung kidul, di pantai ini juga terdapat banyak coral-coral, ikan, dan macam, macam tumbuhan laut yang memungkinkan para penelusur untuk bersnorkling ria melihat keindahan bawah laut pantai nglambor. Buat yang suka snorkeling, tidak usah takut, anda bisa menyewa pada penyewaan disana, dengan harga yang terjangkau.

pantai nglambor1

Snorkeling di Pantai Sadranan

Berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Untuk menuju Pantai Sadranan di butuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Sadranan ini berada di sebelah timur dari pantai krakal. Kalau menurut warga sekitaran, nama pantai Sadranan ini di ambil karena pantai ini kerap digunakan untuk melakukan nyadran sesajen ke laut. Asal usul nama pantai Sadranan sendiri berasal dari kata ‘nyadran’ yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah.

pantai sadranan1

Selain enak buat nyantai, di pantai ini juga kamu bisa snorkeling di pantai ini. Karakteristik ombak di pantai ini pun nggak jauh-jauh beda sama yang di pantai nglambor yang ombaknya nggak terlalu besar di bibir pantai. Di pantai ini sudah terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkeling. Menurut pengelola, pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami dan sangat cocok bagi kamu yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air, dan ingin berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan – ikan cantik.

pantai saderanan3

Snorkleling di umbul ponggok

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu, Umbul Ponggok juga sering menjadi tempat latihan diving. Snorkelling merupakan wisata air yang menyenangkan dan memiliki efek relaksasi. Untuk melakukan aktivitas ini wisatawan harus pergi ke laut dengan perairan yang tenang dan memiliki terumbu karang dan hewan laut yang indah. Karena itu aktivitas ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan terbatas, sebab tidak semua laut bisa digunakan untuk snorkelling.

umbul ponggok 1

Namun Anda yang tidak memiliki kesempatan untuk snorkeling di taman-taman laut yang indah, kini di Klaten terdapat lokasi snorkelling yang asyik. Anda tak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkelling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih bernama Umbul Ponggok. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter tempat ini cocok digunakan untuk lokasi snorkelling. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus.

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling bisa naik perahu kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air. Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air.

umbul ponggok 2

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke tempat Bersnorkeling dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. LIHAT PAKET : 

 

1. Paket Wisata 1 Hari

2. Paket Wisata 2 Hari 1 Malam

3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam

4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam

5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam

6. Paket Wisata Lainnya

 

► You Tube : Wira Tour Jogja

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*