Panorama Pantai Sundak di Balik Legendanya

Rate this post

Tempat Wisata Pantai yang Cocok untuk Keluarga

pantai sundak

Seperti yang kita ketahui provinsi DIY merupakan salah satu provinsi ataupun daerah yang memiliki banyak akan tempat wisata. Beberapa tempat wisata di Jogja yang banyak dikunjungi para wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara diantaranya yaitu kawasan wisata belanja Malioboro, Candi Prambanan, Hutan Pinus Imogiri dan wisata pantainya yang menjadi salah satu wisata favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain wisata Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Ngobaran, Pantai Kukup dan lainnya, salah satu pantai yang ada di deretan Pantai Gunungkidul yang paling menawan yaitu Pantai Sundak.

Pantai Sundak merupakan salah satu objek wisata alam berupa pantai yang berada di deretan Pantai Gunungkidul. Pantai Sundak terletak kurang lebih sekitar 3 Km dari Pantai Kukup. Pantai Sundak menyajikan keindahan alam yang alami dan menyenangkan buat para pecinta wisata pantai. Pantai Sundak memiliki pasir putih dan batu karang berlumut yang begitu indahnya. Anda dapat menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan dari Pantai Sundak ini di sebuah Gubug kecil yang sudah disediakan oleh warga sekitar di pesisir pantai. Gubug tersebut memang disewakan untuk pengunjung yang datang menikmati keindahan alam Pantai Sundak.

pantai sundakk

Jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di sekitaran deretan Pantai Gunungkidull, Pantai Sundak memang tidak begitu luas wilayah pantainya. Namun pesona matahari terbitnya dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya, tak hanya itu saja di salah satu sisi pantai sundak juga terdapat sebuah goa yang memiliki mata air tawar di dalamnya, konon katanya goa tersebut dulunya dihuni oleh seeokor anjing dan landak. Karena kondisi perut yang kelaparan kedua binatang tersebut akhirnya berkelahi. Tak lama kemudian sang pemilik anjing langsung mencarinya ke dalam goa, bersamaan dengan hal itu, anjing keluar dari goa sambil menggigit bagian tubuh landak yang terluka parah, merasa penasaran dengan hal tersebut pemilik anjing kemudian masuk ke dalam gua ternyata tidak di sangka, terdapat mata air tawar yang jernih yang berada di dalam gua. Dan hingga saat ini mata air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar pantai sundak. Akibat dari perkelahian antara anjing dan landak tersebut yang kemudian pantai ini disebut sebagai Pantai Sundak yaitu kepanjangan dari ASU (anjing) dan landak.

Hingga saat ini Pantai Sundak  menjadi salah satu wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun manca negara. Keindahan alam laut yang begitu eksotis mampu membuat para wisatawan  menjadi tertarik untuk mengunjunginya. Tak hanya pesona akan keindahan lautnya saja yang menarik, di pantai sundak anda juga dapat mencoba mencicipi makanan laut atau seafood di dekat Pantai Sundak. Bagi Anda yang senang berwisata kuliner jogja khususnya makanan laut mengunjungi Pantai Sundak merupakan salah satu pilihan yang tepat. Karena beberapa hidangan yang tersaji di sana memiliki citarasa yang tinggi dan menggugah selera di lidah anda.

pantaii sundak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*