keindahan pantai timang di balik kereta gantung gondola

Panorama Alam Pantai Timang dari Ketinggian

pantai timang

Pengen liburan ke Jogja selain bisa menikmati wisata alam dan yang bisa bikin untuk menguji adrenalin??? Banyak pantai yang terkenal selain Pantai Parangtritis dan Pantai Baron. Bila anda pernah berkunjung  di Jogja, anda  pasti paham betul banyak pantai yang ada di Jogja yang mempunyai panorama yang indah.  Salah satu Pantai yang benar-benar membuat berdecak kagum yang ada di deretan pantai di Jogja yaitu  adalah Pantai Timang Gunung Kidul yang persisnya terdapat di deretan pantai gunungkidul, pantai ini tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja namun juga menawarkan pengalaman seru yang bisa menguras adrenalin.

Pantai Timang sama dengan  pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan Gunungkidul. Pantai ini memiliki pasir yang putih, letak Pantai ini  diantara Pantai Siung dan Pantai Sundak. Kalau dari arah  Jogja sekitar 60 km jauhnya dan masih berjarak 35 km kalau dari kota Wonosari, Medan dan jalur aksesnya memang cukup sulit dan agak terjal yang lokasinya terdapat di daerah terpencil. Walaupun di tempat terpencil yang belum banyak wisatawan tapi pemandangan dan panoramanya begitu mempesona karena selain pasir putihnya terdapat juga deretan tumbuhan pandan yang tumbuh subur disana. Kalau mau mengunjungi pantai ini lokasinya terletak Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY.  Selain anda mengunjungi Pantai Timang anda bisa juga bisa mengunjungi pantai-pantai yang berada di dekatnya , seperti Pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Siung, Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal dan masih banyak pantai lainnya yang berjarak dekat dengan Pantai Timang.

Di Pantai ini juga  terdapat beberapa  daerah yang berbeda. Daerah yang ada pada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir putihnya, yang mempunyai kemiripan  dengan kebanyakan pantai lainnya yang berada di deretan pantai di Gunungkidul. Sedangkan di daerah yang lain dari Pantai Timang, kalau bisa di bilang berupa perbukitan dan batu-batuan yang cukup terjal, yang tempatnya berbatasan langsung dengan lautan. Panorama maupun pemandangan sangat indah sebab  terdapat batu yang cukup besar berdiri kokoh di tengah deburan ombak pantai, dan batu besar atau bisa disebut juga dengan pulau kecil  tersebut banyak dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang atau Pulau Timang. Dan Jangan bayangkan seperti  pulau lainnya, Batu Panjang atau Pulau Panjang atau Pulau Timang  yaitu  berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir, pulau yang berada  di pantai Timang bisa di bilang berupa bongkahan batu karang yang besar, dengan tebing yang sangat curam.Dan di pulau ini disebut sebagai tempat terbaik untuk mencari hasil laut seperti lobster dan hasil laut lainnya. Hasil laut yang berupa lobster inilah yang memiliki nilai jual sangat tinggi, sehingga membuat mayarakat setempat rela berjuang dan bersusah payah untuk menuju ke Pulau Timang  dengan jalur dan medan berbahaya.

Untuk menuju ke Pulau tersebut menggunakan alat berupa  gondola tradisional atau kereta gantung yang hanya terbuat dari kayu dan bambu. gondola tersebut dirangkai dengan tali tambang plastik yang sangat kuat yang bisa menopang berat badan orang yang ada di dalamnya. Untuk proses berjalannya gondola dibutuhkan beberapa orang untuk menariknya agar gondola itu bisa berjalan dan dergerak kearah Pulau Timang. Alat penyeberangan  masyarakat setempat untuk menyeberangi karang berombak besar tersebut hanya menggunakan gondola yang digerakkan manual menggunakan tenaga manusia.

Gondola kayu yang terdapat di Pantai Timang bukan sebagai fasilitas penunjang wisata yang disediakan oleh pemerintah Gunung Kidul,  Wahana tersebut sebenarnya sebagai alat transportasi yang sering  dan biasa digunakan warga maupun nelayan setempat untuk mencari dan berburu lobster yang menjadi salah satu matapencaharian dan  produk unggulan daerah setempat. Pada mulanya untuk menyeberang menggunakan gondola ini gratis, namun melihat potensi wisata yang ada dan kemudian warga setempat mengkomersilkan gondolanya. Untuk sekali menyeberang, warga mematok harga sebesar Rp 200.000.

pantai timaang

► You Tube : Wira Tour Jogja

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Pantai Timang dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*