Cerita Singkat Gunung Api Purba Nglanggeran

gunung api nglangeran

 

Sedikit  Mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul

 

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu gunung yang terletak di kab gunung kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, gunung ini merupakan satu-satunya gunung api purba yang terbentuk  dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. gunung ini tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. sedangkan embung terletah di sebelah bawah gunung api purba dan embung ini sendiri merupakan salah satu danau buatan yang dijadikan menjadi tempat wisata, embung yang merupakan danau buatan ini digunakan untuk menampung air dan sebagai sumber air yang digunakan untuk mengairi perkebunan buah di sekitarnya. Embung yang merupakan bangunan kolam seperti telaga berada di ketinggian sekitar 500 meter

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Terletak di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Gunung Nglanggeran saat ini berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga. Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di pucuk gunung. Di Gunung Nglanggeran ini pula warga pernah menemukan arca mirip Ken Dedes.

Perjalanan menuju puncak gunung akan melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit. Dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang dua jam, wisatawan bisa menapaki puncak tertinggi gunung api purba itu. Apabila berangkat sore, wisatawan dapat menyaksikan matahari yang terbenam. Selain itu, pengunjung juga perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit yang pendek. Ada papan petunjuk yang membuat wisatawan tidak mudah tersesat.

 

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran dan tidak mau ribet kami CV Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

► You Tube : Wira Tour Jogja

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

 

 
 
Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari

Paket 1 Hari Paket 2 Hari 1 malam Paket 3 Hari 2 malam
Paket 4 Hari 3 malam Paket 5 Hari 4 malam Paket Study Tour

Tujuan Wisata Bisa Di Rubah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *