Wisata Religi Sendangsono

1 (20%) 1 vote

Wisata Religi dan Sejarah Sendangsono

Kalau bicara mengenai wisata religi, salah satunya adalah wisata sendangsono, yang merupakan salah satu wisata agama yang ada di Jogja. Biasanya tempat ziarah ini atau lokasi wisata agama ini ramai di kunjungi pada bulan-bulan tertentu, kaya seperti halnya ramai pada bulan Mei dan bulan Oktober setiap tahunnya.

Gambar 1. Wisata SendangSono

Lokasi Wisata Sendangsono

Sendangsono masuk dalam salah satu wisata religius yang merupakan wisata sejarah yang berbentuk goa, yang berada di lokasi wisata Desa Banjaroyo, Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini berada  diantara perbatasan provinsi DIY dengan propinsi Jawa Tengah. Tempat lokasi wisata ini berada di pedesaan, dan lokasinya hanya berjarak beberapa kilometer dengan jalan raya.

Konon sendangsono dulunya adalah tempat untuk istirahat sejenak para pejalan kaki yang melakukan perjalanan dari Kecamatan Borobudur yang berada di Magelang menuju ke Kecamatan Boro yang berada di Kulonprogo, dan sebaliknya. Tempat ini dulunya banyak di kunjungi disebabkan keberadaan mata air yang mengalir (muncul) diantara dua pohon sono.

Rute yang dapat di tempuh

Apabila ingin menuju lokasi wisata ini, ada beberapa rute yang bisa di lewati. Rute yang bisa di lewati diantaranya:

1. Dari Arah Jogja

  • Rute pertama : Pusat Kota Jogja → Jln Godean → Jln Gedongan-Tempel → Jln Kebun Agung → Jln Raya Banjar Arum → Jln Nanggulan Mendut → Kalibawang → Lokasi Wisata SendangSono
  • Rute kedua : Pusat Kota Jogja → Jln Magelang → Pasar Muntilan → Kalibawang → Lokasi Wisata Sendangsono

2. Dari arah Semarang

  • Apabila sahabat dari sarah semarang, sahabat bisa langsung menuju jalan Salaman – Wates, lalu menuju ke desa Bendo. Sesampai di sana, sahabat bisa mengikuti petunjuk arah menuju ke lokasi wisata Sendangsono.

Kalau sahabat ingin menuju kesana, disarankan menjaga keslamatan dijalan khususnya keslamatan berlalulintas, kalau sahabat tidak mau capek ataupun repot menggunakan kendaraan sendiri, sahabat bisa menggunakan jasa rental mobil yang ada di jogja. Kalau sudah nyampai disana shabat jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama membuang sampah pada tempatnya.

“ow iya para sahabat wira, jika sahabat suka mengenai artikel atau catatan kecil ini mengenai sendangsono, bisa sahabat share ke siapa aja atau teman-temanmu yang belum tau mengenai hal ini, sekalian sahabat juga bisa memajukan pariwisata yang ada di indonesia khususnya wisata di Jogja”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*