spot foto waduk sermo

Wisata Waduk Sermo Lokasi, fasilitas dan Biaya

Waduk Sermo, Keindahan Objek Wisata Alam di Kulonprogo

 

Waduk Sermo Kulon Progo – Objek Wisata Alam Waduk Sermo Kulonprogo merupakan salah satu wisata alam di Jogja yang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hijaunya Perbukitan Menoreh yang mengelilingi Waduk Sermo menjadikannya background yang mempesona untuk diabadikan ke dalam Foto. Dan merupakan satu-satunya waduk yang ada di Jogja yang tampak seperti telaga alami jika dilihat dari kejauhan. Objek wisata ini juga berdekatan dengan Objek Wisata Puncak Kalibiru.

 

waduk sermo kulonprogo

 

Objek wisata di Jogja ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda sekeluarga atau bersama rombongan kantor. Salah satu keistimewaan lain dari Waduk Sermo bisa anda lihat saat senja. Banyak sekali anak muda yang gemar mencari spot foto untuk menyalurkan hobi fotografi merek, sehingga banyak anak muda menunggu sore hari tiba di Waduk Sermo.

baca artikel Pantai Slili Gunungkidul, Lokasi dan Harga Tiket

Waduk Sermo pertamakali dibuka secara resmi untuk umum pada 20 november 1996 oleh Presiden Soeharto dibangun dengan membendung Sungai Ngrancah. Luas dari Waduk Sermo sendiri diperkirakan sekitar 157 hektar yang dapat menampung air 25 juta meter kubik. Yang dijadikan sumber air bersih untuk minum atau PDAM dan untuk saluran irigasi persawahan di daerah Wates dan sekitarnya. Selain itu Waduk Sermo juga sering dijadikan tempat latihan untuk lomba dayung.

 

spot foto waduk sermo

 

Objek Wisata Waduk Sermo juga memiliki fasilitas pemancingan dan menyediakan Fasilitas Perahu bagi wisatawan yang ingin naik perahu berkeliling Waduk Sermo. Waduk Sermo juga cocok untuk dijadikan kegiatan outbound yang bisa menjadi alternatif kegiatan rekreasi yang edukatif untuk keluarga ataupun rombongan group atau kantor yang sedah berkunjung ke Jogja. Lokasi Outbound yang bisa mengusung tema back to nature.

Terlebih lagi disekitar Waduk Sermo terdapat objek wisata alam yang terkenal yaitu Kalibiru, Taman Air Sungai Mudal dan banyak lagi objek wisata menarik lainnya. Anda dan rombongan dapat menikmati pemandangan dengan berkeliling menggunakan Perahu Wisata atau berkendara menyusuri Jalan Lingkar di bibir Waduk yang Beraspal sepanjang 21km. Sambil menikmati Pemandangan dan Hembusan angin yang menyejukkan untuk penghilangkan Penat dan Stres.

 

camping waduk sermo

 

baca juga Desa Wisata Brayut Sleman, Yogyakarta

Fasilitas di Waduk Sermo.

  • Area Parkir Yang Luas
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Penyewaan Perahu
  • Rumah Makan
  • Gazebo di pinggiran waduk
  • dan Homestay atau Penginapan.

Adapun Biaya berwisata di Waduk Sermo sebagai berikut.

  • Tiket masuk Rp 5.000
  • Parkir motor Rp 2.000
  • Parkir mobil RP 5.000
  • Penyewaan Perahu RP 10.000

Lokasi Waduk Sermo.

Secara administratif Objek Wisata Waduk Sermo berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan rute perjalanan yang tidak sulit, karena hanya terdapat satu jalur saja untuk mencapai Waduk Sermo dari Kota Wates. Medan jalan menuju lokasi pun lebar dan beraspal mulus. Bila tidak ingin pusing dan ribet anda bisa menggunakan jasa paket wisata jogja dari kami.

Lokasi lengkapnya Via Google Map.