Puncak Sikunir Dieng

Puncak Sikunir, Golden Sunrise dari Desa Tertinggi di Pulau Jawa

 

Puncak Bukit Sikunir

 

Bukit Sikunir Dieng –  Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng tidak lengkap tanpa mengunjungi Bukit Sikunir Dieng yang terletak di Desa Sembungan. Bukit Sikunir Dieng, atau biasa disebut Puncak Sikunir merupakan salah satu tujuan favorit yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Terletak di daerah Wonosobo, Jawa Tengah bukit ini berada di desa tertinggi di Pulau Jawa yang mempunyai ketinggian 2.306 MDPL. Keindahan golden sunrise-nya selalu dinantikan wisatawan lokal maupun mancanegara setiap harinya. Selain itu, dari Puncak Sikunir wisatawan bisa menyaksikan deretan gunung – gunung gagah dari dikejauhan.

Baca juga artikel : 7 Tempat Ngabuburit yang asik di Jogja 2019

Dari Puncak Sikunir kita bias melihat keindahan Telaga Cebong dan rumah penduduk yang diselimuti kabut tipis. Ditambah dengan keramahan dan kehangatan warga sekitar yang membuat wisatawan betah berwisata ke Sikunir. Apabila ingin berkunjung ke Puncak Sikunir sangat disarankan untuk datang pada musim kemarau, atau tepatnya bulan Juli sampai Oktober. Karena saat memasuki kemarau, kecantikan sunrise yang dinantikan pengunjung kemungkinan besar tidak akan terhalang dengan kabut tebal.

Selain itu, jika tidak ada kabut kita bisa melihat gumpalan awan. Pemandangan ini tentunya akan semakin memanjakan mata dengan melihat sunrise sekaligus hamparan awan yang menakjubkan. Meskipun kemarau kebanyakan panas tapi tidak di Dataran Tinggi Dieng justru malah kebalikannya. Suhu bisa mencapai 0 derajat, oleh sebab itu jika berkunjung pada musim kemarau disarankan untuk menggunaka jaket yang tebal.

Tak dipungkiri lagi bahwa yang paling utama diincar wisatawan saat berwisata ke Puncak Sikunir adalah Golden Sunrise nya yang indah dan mempesona banyak orang. Bahkan disebut- sebut sebagai  lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise. Saat di kawasan Puncak Sikunir, pengunjung juga menikmati hamparan lahan pertanian penduduk Desa Sembungan. Ada lahan yang di tumbuhi kentang dan carica ( tanaman khas Dieng yang bisa dikonsumsi)  berada disekitaran lereng Puncak Sikunir. Ada juga pemukiman penduduk dengan masjid berkubah tinggi yang bagus untuk dijadikan latar belakang foto.

Artikel Lainnya : Alamanda Flower Garden Jogja

Lokasi Via Google Maps