Candi Sambisari Sleman, Yogyakarta

 

Wiratourjogja.com  – Candi Sambisari adalah candi Hindu yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Berabad-abad yang lampau, kawasan utara Yogyakarta menjadi pusat peradaban Mataram kuno. Di tempat ini candi-candi yang dibangun sebagai tempat pemujaan maupun simbol prestise berdiri dengan gagah, berderet-deret dari kaki Merapi hingga pegunungan Batur Agung. 

 

wiratourjogja.com

 

Baca Artikel Lain :  Upside Down World Jogja, Putar balik Dunia mu

Hingga akhirnya tiba suatu masa dimana Gunung Merapi erupsi dahsyat dan memuntahkan material vulkanik ke segala penjuru, memporak-porandakkan kehidupan masyarakat serta mengubur candi-candi tersebut. Salah satu candi yang terkubur amat dalam adalah Candi Sambisari. Saat candi-candi lain mulai ditemukan, Candi Sambisari masih asyik tertidur di dalam tanah, tak ada yang mengetahui keberadaannya. Hingga akhirnya pada suatu pagi, ada seorang petani bernama Karyowinangun yang menemukan salah satu bagian candi tersebut. Kala itu beliau tengah mencangkul sawahnya, namun mata cangkulnya membentur bongkahan batu denga pahatan di permukaannya.  

Candi ini ditemukan pada tahun 1966 dan baru selesai dipugar pada tahun 1987. Sesuai dengan nama desa tempat ia ditemukan, candi ini pun diberi nama Candi Sambisari. Lokasi candinya pun cukup unik, yaitu terletak kira-kira 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya. Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Sepintas lihat Candi Sambisari menyerupai kastil batu yang terletak di tengah taman. Rumput yang tumbuh teratur di pelataran candi laksana permadani hijau yang indah.

Baca Artikel Lain :  The Lost World Castle Negeri dongeng di Jogja

Selain bangunan utama candi dan areal tamannya, di kawasan Candi Sambisari ini juga terdapat museum mini yang berisikan informasi mengenai sejarah penemuan hingga eskavasi candi tersebut. Didalam museum terdapat beberapa batuan, arca, juga foto-foto yang menggambarkan kondisi sebelum candi ditemukan yang sebelumnya berupa areal persawahan. Lalu ada juga foto-foto mengenai proses penggalian dan rekonstruksi Candi Sambisari yang berjalan selama puluhan tahun. 

 

wiratourjogja.com

 

Berhubung Candi Sambisari belum begitu populer di kalangan wisatawan, maka tempatnya cukup tenang. Banyak orang yang menjadikan Candi Sambisari sebagai lokasi photoshoot baik untuk prewedding maupun foto bersama keluarga. Wisatawan pun bisa menggelar tikar di rerumputan dan membuka bekal piknik bersama kerabat.

Lokasi dan Harga Tiket Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Jarak dari Kota Yogyakarta hanya sekitar 12 km arah timur, atau kira-kira 4 km sebelum Kompleks Candi Prambanan. 

  • Harga tiket: Rp 3.000 per orang
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Untuk lokasi lebih jelasnya cek Google Map berikut.

 

 

 

 Paket Sewa Mobil 

Paket Sewa Avanza  Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sew Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari 

Paket  1 Hari Paket  2 Hari 1 malam Paket  3 Hari 2 malam
Paket  4 Hari 3 malam Paket  5 Hari 4 malam Paket  Study Tour

 
 Tujuan Wisata Bisa Di Rubah 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *