Wisata Pantai Pandansimo Bantul

2 (40%) 2 votes

Pusing dan stress dengan kegiatan rutinitas sehari-hari? Ataupun baru ingin pergi berefresing? Tenang aja mari luangkan waktu untuk berlibur ke Jogja dan menikmati keindahan wisata di sana. Di Jogja banyak tepat wisata yang bagus-bagus seperti Pantai Indrayanti, Wisata kaliurang, ataupun Candi Prambanan. Selain tempat wisata tersebut ada salah satu wisata pantai yang tidak kalah bagusnya yaitu Wisata Pantai Pandansimo Bantul. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jogja / Kraton Jogja, sekitar 1 Jam perjalanan, ±35 km.

wisata pantai pandansimo 1

Pantai Pandansimo berlokasi di desa wisata Poncosari, Srandakan, Bantul. Kalau sama kantor Kabupaten Bantul berada di sebelah barat daya kurang lebih sekitar ±20 km. Tempat wisata ini tidak jauh dari muara kali progo (sungai progo), jadi anda bisa kesana menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa sewa mobil yang ada di Jogja. Adapun Rute yang bisa dilalui : dari pusat kota/malioboro → Jl. Bantul lurus keselatan → perempatan palbapang belok kanan (ke barat) Nanti akan ketemu dengan jembatan progo. Tepat sebelum jembatan progo, belok kearah selatan, ikuti papan petunjuk arah yang ada disana hingga sampai ke Pantai Pandansimo.

Setelah kita mengetahui mengenai arah maupun lokasi pantai ini, mari coba menilik sejarah penamaan dari tempat wisata ini, yaitu “Pandansimo”. Menurut sejarah dan cerita di masyarakat yang berkembang nama kata “pandansimo”, mempunyai arti tersendiri. Nama Pandansimo berasal dari kata “pandan” yang berarti “pohon pandan”,   sedangkan kata “simo” mempunyai arti “macan”. 

Pantai Pandansimo ini dulunya hanya berdiri beberapa rumah nelayan serta tempat pelelangan ikan (TPI). Dari waktu ke waktu, pantai ini telah disulap menjadi tempat wisata pilihan oleh masyarakat sekitar dengan dilakukan secara swadaya. Tempat ini yang dahulunya cuman beberapa rumah, sekarang sudah berdiri kios-kios serta rumah makan yang berjajar serta ditata secara rapi dari ujung barat sampai timur.

Selain kios dan tempat makan, dipantai ini juga terdapat arena bermain anak, seperti kolam renang anak maupun dewasa. Ada juga tempat untuk bersantai bareng keluarga di bawah rimbunnya pohon cemara dengan suasana pantai yang adem serta semilir. Anda juga dapat bermain mobil ATV serta berkeliling area pantai pandansimo ini.

Wisata pantai ini juga memiliki slogan pantai yang bersih, luas dan nyaman. Slogan tersebut mempunyai tujuan agar pantai ini terjaga keasrian dan kebersihannya agar bisa dinikmati oleh generasi mendatang. Dan juga memanjakan serta membuat nyaman pengunjung yang datang kesini serta akan rindu kembali lagi ke pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*