Wisata Pantai Jogja

Menikmati Indahnya Wisata Pantai yang ada di Jogja

Gambar 1. Wisata Pantai Jogja

Kalau mengenal istilah “Jogja” yang ada di benak anda ataupun sahabat, kira-kira mengenai apa??? sebagian ada yang bilang mengenai kebudayaan yang ada, ada pula yang berkata ” Jogja itu orangnya ramah-ramah dan bervariasi makanan yang ada disana” dan ada pula yang bilang “Jogja itu istimewa apalagi mengenai wisata pantainya yang banyak pilihannya, kalau afdol rasanya kalau belum mengunjungi  wisata pantainya”. Dan masih banyak lagi kalimat untuk mengungkapkan mengenai jogja. 

Tentang Wisata Pantai Jogja

Disini mari kita membahas salah satu yang membuat Jogja itu istimewa. Salah satunya mengenai wisata pantainya. Ngomong-ngomong wisata pantainya, kira-kira wisata pantai mana yang pernah sahabat kunjungi??? Akhir-akhir ini banyak wisata pantai jogja yang bermunculan (wisata pantai yang baru di jamah oleh para wisatawan). Wisata pantai di jogja tersebar di hampir seluruh kabupatennya, yaitu di kabupaten Gunungkidul (wisata pantai Gunungkidul), kabupaten Bantul (wisata pantai Bantul) dan di kabupaten Kulonprogo (wisata pantai Kulonprogo).

Wisata pantai yang ada di jogja ini mempunyai  bermacam-macam bentuk pantainya, ada yang pantai berpasir hitam sampai ada pantai yang berpasir putih. Tidak hanya itu saja, ada pantai yang bisa digunakan untuk bersnorkling, ada yang buat memacu adrenalin sampai ada pantai yang mirip dengan pantai yang ada di pulau Bali. Dan masih banyak lagi macam-macam pantainya yang ada di Jogja.

Macam-Macam Wisata Pantai Jogja

Untuk lebih dekat mengenai pantai mana saja yang masuk di deretan wisata pantai Jogja . Mari kita membahas secara singkat nama pantai yang ada di Jogja, sehingga kita dapat menginformasikan dan bisa menjadi rujukan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi jogja. Wisata pantai yang ada di jogja diantaranya adalah :

  • Pantai Parangtritis
Gambar 2. Wisata Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis terletak kurang lebih sekitar 26 km dari kraton jogja / pusat kota jogja. Pantai ini akses jalannya sangat mudah, anda tinggal mencari jalan raya parangtitis, terus anda keselatan mengikuti jalan tersebut lurus keselatan hingga sampai di kawasan lokasi wisata pantai parangtritis.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun memakai jasa sewa mobil jogja. Tempat wisata ini berada di pesisir selatan jogja, pantai ini terhubung langsung dengan samudra hindia. Disini anda bisa menilkmati suasana alam yang ada, anda bisa menikmati terik matahari dengan hembusan angin laut yang lalulalang menyapa anda.

Pantai parangtitis mempunyai keunikan pemandangan alam yang belum terdapat pada obyek wisata pantai jogja lainnya, yaitu ombak pantai yang besar, berjalan hilir mudik selalu bergantian menyapa para pengunjung di pantai ini. Juga terdapat gunung – gunung pasir yang ada disana yang biasa disebut dengan gumuk pasir. Penataan dan pengelolaan wisata pantai ini cukup baik yang mulai dari pengelolaan fasilitas tempat makan hingga pasar yang menjajakan aneka souvenir khas pantai ini.

Baca Selengkapnya : Keindahan Pantai Parangtritis di Sore Hari.

  • Pantai Indrayanti
Gambar 3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti memiliki pesona dan keindahan pantainya yang luas juga keindahan pasir putih pantainya.  Pantai ini terletak di dekat Pantai Sundak, pantai ini juga dibatasi dengan bukit karang dan merupakan salah satu pantai yang menyajikan view atau pemandangan berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di kawasan wisata pantai gunungkidul.

Pantai yang berlokasi di daerah dusun Ngasem, Tepus, Gunungkidul ini tidak hanya berhiaskan pasir putih yang mempesona, megahnya perbukitan karang, dan air lautnya biru jernih yang seolah-olah ingin memanggil-manggil para wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Pantai Indrayanti juga dilengkapi bermacam restoran dan cafe serta ada beberapa deretan penginapan yang ingin memanjakan wisatawan. Beragam menu dan sajian mulai dari hidangan laut hingga nasi goreng bisa dinikmati dan dipesan di restoran yang view dan pemandangannya menghadap ke arah pantai. Sehingga dapat memberi kesan tersendiri disaat anda dan keluarga maupun dengan sahabat sedang menikmati makanan dan sajian menu yang dihidangkan.

Pada saat malam hari, gazebo-gazebo yang berada di bibir pantai akan terlihat cantik dan indah disebabkan ditambah adanya cahaya kerlip sinar lampu. sambil menikmati makan malam di cafe ini ditemani dengan suara angin yang berhembus dan alunan debur ombak akan menjadi pengalaman romantis yang tak terlupa dan selalu terkenang.

Baca selengkapnya : Keramaian Pantai Indrayanti dan pasir putihnya.

  • Pantai Baron
Gambar 4. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu obyek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi dari Pantai ini dapat ditempuh kurang lebih 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Menurut cerita penduduk sekitar, asal mula nama Pantai Baron diambil dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan Belanda tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di salah satu pantai yang ada di Gunungkidul,  pantai itu yang sekarang terkenal dengan sebutan Pantai Baron.

Untuk jalan menuju obyek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil maupun bus. Obyek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Seperti pantai lainnya, di Pantai Baron tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol.

Pantai Baron banyak memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cinderamata. Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.

Baca Selengkapnya : Panorama keindahan Pantai Baron pagi hari

  • Pantai Watu Lumbung
Gambar 5. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung merupakan salah satu pantai di wilayah Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Gunungkidul memang dikenal memiliki banyak wisata pantai yang indah dan Pantai Lumbung salah satunya terdapat gundukkan batu besar dipinggir pantai sebagai ciri khas dari pantai ini, banyaknya bebatuan yang berbentuk unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada dua rute perjalanan yang dapat di tempuh untuk menuju ke Pantai Watu Lumbung :

  1. Pertama, wisatawan dapat berjalan dari Pantai Wediombo ke arah barat selama kurang lebih satu jam.
  2. Kedua, setelah TPR Pantai Wediombo, wisatawan berbelok ke kanan, melewati ladang warga hingga sampai di ujung jalan. Parkirkan kendaraannya di sana dan lanjutkan perjalanan dengan trekking menuruni bukit menuju ke pantai.

Nama dari Watu Lumbung itu sendiri berasal dari batuan besar di tepi pantai itu yang berbentuk seperti Lumbung, di tepi pantai itu pun sebagian besar terdiri dari bebatuan dan ada juga bebatuan vulkanik karena Pantai Watu Lumbung ini memang berlokasi di dekat Gunung Batur yang konon katanya pernah aktif.

Baca Selengkapnya : Tempat wisata Pantai Watu Lumbung.

Ringkasan
Wisata Pantai jogja
Nama Artikel
Wisata Pantai jogja
Deskripsi
Ngomong-ngomong wisata pantainya, kira-kira wisata pantai mana yang pernah sahabat kunjungi??? Akhir-akhir ini banyak wisata pantai jogja yang bermunculan ..
Penulis