Wisata Pantai Gunungkidul

Selamat Datang Di Wira Tour Jogja

Paket Wisata Jogja Murah & Sewa Mobil Jogja

Berbicara mengenai Kabupaten Gunungkidul, sekarang baru di kembangkan mengenai industri pariwisatanya, terutama wisata pantainya. Untuk wisata pantai Gunungkidul, penataan dan pengelolaannya terbilang bagus. Mulai dari keamanan tempat parkir kendaraan yang sangat aman, sampai terjaganya kelestarian dan kebersihan pantainya. Sayang untuk di lewatkan kalau tidak melihat pesona wisata pantai yang ada.

Pantai yang berada di Gunungkidul

Terdapat banyak pantai yang bisa di kunjungi dan memiliki pesona yang indah, serta terjaga kelestarian dan kebersihan pantai, sehingga pesona pantai dengan pasir putihnya masih terjaga keindahannya. Mungkin sahabat pernah mendengar kata-kata tentang ” Tak kenal maka tak sayang“, untuk itu mari kita sama-sama mengenal pantai yang ada di Gunungkidul. Pantai-pantai itu adalah :

  • Pantai Baron
Gambar 1. Wisata Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu obyek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai ini dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Asal mula nama Pantai ini berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju ke lokasi tempat wisata pantai ini cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.

Obyek wisata Pantai Baron merupakan wisata pantai yang membentuk cekungan. Di lokasi wisata ini juga terdapat aneka olahan laut (seafood) dan terdapat juga pasar penjualan hasil tangkapan laut nelayan sekitar. Keunikan Pantai ini adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai ini adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut.

  • Pantai Indrayanti
Gambar 2. Wisata Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal

Pantai Indrayanti terletak di lokasi wisata dusun Ngasem, Tepus, Gunungkidul. Pantai ini juga berhiaskan pasir putih yang mempesona, megahnya perbukitan karang, dan air lautnya biru jernih yang seolah-olah ingin memanggil-manggil para wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya. Pantai ini juga dilengkapi bermacam restoran dan cafe serta ada beberapa deretan penginapan yang ingin memanjakan wisatawan. Beragam menu dan sajian mulai dari hidangan laut hingga nasi goreng bisa dinikmati dan dipesan di restoran yang view dan pemandangannya menghadap ke arah pantai. 

Penyebutan dan pemberian nama Pantai Indrayanti yang sebelumnya menuai banyak kontraversi di sebabkan Indrayanti bukanlah nama pantai, akan tetapi nama dari salah-satu pemilik cafe dan restoran yang ada disana, akhirnya banyak dari masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan oleh pemerintah pantai ini dinamai dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun dikalangan masyarakat nama Indrayanti jauh lebih popular, terkenal dan lebih sering disebut oleh kebanyakan orang daripada Pantai Pulang Syawal.

  • Pantai Watu Lumbung
Gambar 3. Wisata Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung menjadi salah satu  bagian pantai di wilayah Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Kabupaten Gunungkidul memang dikenal memiliki banyak wisata pantai yang indah dan Pantai Watu Lumbung, salah satunya terdapat gundukkan batu besar dipinggir pantai yang menjadi khasnya, banyaknya bebatuan yang berbentuk unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nama dari Watu Lubung sendiri berasal dari batuan besar  yang berada di tepi pantai itu yang berbentuk seperti Lumbung, di tepi pantai itu pun sebagian besar terdiri dari bebatuan dan ada juga bebatuan vulkanik karena Pantai ini berada di dekat Gunung Batur yang konon katanya pernah aktif.

  • Pantai Sepanjang
Gambar. 4 Wisata Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak lokasi wisata desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di deretan lokasi wisata pantai wilayah Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Kabupaten Gunungkidul memang dikenal memiliki banyak wisata pantai yang indah dan wilayah pantainya berpasir putih dengan pemandangan yang luas karena pantai ini memang memiki tepian pantai yang panjang maka dari itu diberi nama Pantai Sepanjang tidak heran jika banyak orang menilai pantai ini mirip dengan pantai yang ada di pulau Bali yaitu Pantai Kuta

  • Pantai Nglambor
Gambar 5. Wisata Pantai Nglambor

Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul adalah tempat Snorkeling di Jogja yang paling terkenal jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya.

Pantai yang terletak di tempat yang agak tersembunyi ini akan menyajikan keindahan tersendiri. Pantai Nglambor yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya ini begitu banyak kehidupan cantik yang harus dinikmati dan dijaga oleh semua pihak khususnya para wisatawan sendiri. Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk.

  • Pantai Sadranan
Gambar 6. Wisata Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berada di kawasan lokasi wisata Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Untuk menuju Pantai Sadranan di butuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Pantai yang berada di antara pantai krakal dan pantai indrayanti ini masih sangat sepi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hanya ketika hari libur saja akan sedikit lebih ramai dari pada hari-hari biasa. Tapi itulah yang menjadi daya tarik pantai sadaranan. Sepi dan tenang.

Pantai dengan pasir putih dan belum banyak terjamah orang ini sangat cocok bagi kamu yang mungkin lagi galau dan pengen menyegarkan pikiran. Selain enak buat nyantai, di pantai ini juga kamu bisa snorkeling di pantai ini. Karakteristik ombak di pantai ini pun nggak jauh-jauh beda sama yang di pantai nglambor yang ombaknya nggak terlalu gede di bibir pantai.