Wisata Goa Jomblang

Rate this post

Menguji keberanian menyusuri Goa Jombang

goa jomblang

Kalau berbicara mengenai Jogja, apa yang terlintas di pikiiran sahabat wira? Terus apa yang ingin sahabat lakukan saat berkunjung di jogja? Mungkin pertanyaan-pertanyaan lainnya akan banyak bermunculan. Sebab banyak kebudayaan yang ada di jogja, beraneka ragam juga makanannya, apalagi tempat wisata yang menarik dan masih banyak hal lainnya kalau di bicarakan mengenai jogja serta yang ada di jogja. Kali ini kita bicarakan mengenai tempat wisata yang menarik di jogja. Jogja banyak destinasi wisata yang menarik yang sayang untuk tidak dikunjungi. Mulai dari wisata candi prambanan, wisata pantai baron, wisata taman pintar, dan wisata lainnya.

Kalau teringat mengenai wisata jogja, sahabat juga teringat mengenai wisata gunungkidul, sebab sekarang destinasi wisata gunungkidul sudah menjadi salah satu destinasi pilihan favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara dan sudah mulai terkenal, di sebabkan para wisatawan yang mengunjungi wisata yang ada di sana mengupload dan memposting ke dunia maya melalui social media baik itu melalui facebook, twitter maupun instagram. Selain wisata pantai, destinasi wisata yang mulai terkenal di gunungkidul lainnya antara lain seperti wisata watu giring, wisata Air Tejun Sri Getuk ,dan  ada juga tempat wisata yang bisa memacu adrenalin dan ketegangan yang ada, tempat ini tak kalah dengan wisata yang memacu adrenalin lainnya seperti Gunung Api Purba Ngelangeran atau rafting goa pindul, tempat wisata ini sudah mulai banyak di kunjungi oleh wisatawan baik domestik  maupun mancanegara. Nama tempat wisata ini sering disebut Wisata Goa Jombang.

Wisata Goa Jombang ini selain destinasi wisata adrenalin, juga merupakan destinasi wisata goa, sebab wisata ini berbentuk goa. Tempat wisata ini merupakan sebuah goa yang berbentuk vertikal dengan bentuk goanya bertipe collapse doline. Menurut masyarakat sekitar, konon goa ini terjadi dikarenakan akibat proses geologi di sebabkan amblesnya tanah beserta vegetasi ( populasi ekosistem tumbuhan) yang berada diatasnya ke dasar bumi, peristiwa runtuhan yang terjadi saat ribuan tahun yang lalu, membentuk sebuah sinkole atau sumuran yang dalam bahasa jawa lebih dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang menyebabkan unik dan mencadi ciri khas goa ini. Karena di goa ini terdapat mulut goa dengan luas kurang lebih 50 meter, untuk itulah goa ini sering disebut juga dengan Luweng Jombang.

Goa yang memiliki tinggi sekitar 90 meter ini di perlukan sebuah nyali untuk menikmati pemandangan yang ada didalamnya. Anda tidak perlu khawatir karena ada pemandu berpengalaman yang membantu kita menyusuri kedasar goa. Untuk itu selain mental ada persiapan lainnya yang di perlukan sebab persiapan sebelum pergi ke goa jombang sangatlah penting dikarenakan banyak peserta caving yang datang tanpa mengetahui dasar-dasar dan hal-hal mengenai caving tersebut, dan tanpa mengetahui bagaimana situasi ataupun kondisi lingkungan yang ada di dalam goa tersebut.

Persiapan yang di perlukan saat di Goa Jomblang

Persiapan-persiapan yang di perlukan sehingga akan lebih efisien dan aman saat menyusuri kedalam goa tersebut diantaranya adalah

  • Pakaian yang simple siap kotor

Maksudnya disini adalah sahabat di sarankan menggunakan pakaian yang simple dan siap kotor, contoh pakaiannya seperti celana pendek dan kaos oblong, dikarenakan kondisi jalan atau trek di dalam goa agak sedikit berlumpur apalagi disaat musim penghujan.

Kondisi mengenai kedalaman lumpur itu bervariasi mulai dari 1-5 cm sihingga sahabat sangat untuk disarankan membawa pakaian ganti. Untuk alas kaki yang di gunakan bisa menggunakan alas kaki sendiri berupa sandal ataupun sepatu atau bisa menggunakan alas kaki yang sudah disediakan disana. Kotor ataupun rusak pada alas kaki menjadi konsekuensi yang didapatkan.

Saat menyusuri gua disarankan juga jangan menggunakan pakaian berlebihan ataupun pakaian, celana yang ketat dan tipis. Hal itu akan mengganggu saat pemasangan alat dan akan mengganggu tujuan safety saat menyusuri di dalam goa.

  • Kaos Kaki

Kaos kaki ini menjadikan sifat yang opsional karena tujuan dari menggunakan kaos kaki ini adalah untuk memberi kenyamanan pada telapak kaki sahabat, di sebabkan sepatu atau alas kaki yang di sediakan pengelola sangat terbatas ukurannya, dengan ukuran yang terbatas untuk beberapa orang.

  • Kamera

Sahabat bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen sahabat saat menyusuri goa ini. Pemandangan di dalam goa ataupun di luar sangatlah mempesona untuk dilewatkan.

  • Senter

Kondisi di dalam goa sangat lumayan gelap walaupun ada sebagian bagian goa yang terkena cahaya matahari, sahabat di sarankan membawa senter sendiri karena dengan cahaya senter yang anda bawa, dapat meihat bagian-bagian yang ada didalam goa yang tertutup oleh gelapnya goa.

  • Lotion anti nyamuk

Bagi sahabat yang kurang nyaman saat mengunjungi goa ini di sebabakan karena gangguan nyamuk, dapat membawa atau menggunakan lotion anti nyamuk.

  • Tas ransel kecil

Berfungsi sebagai kantong penyimpananbarang bawaan seperti camera, minuman,senter, sampah dari barang bawaan yang anda bawa sendiri dan yang lainnya.

Rute menuju lokasi wisata Goa Jomblang

Goa ini terletak di kawasan wisata gunungkidul pasnya terletak di dusun jetis wetan, desa pacarejoo, semanu, gunungkidul. Saat menuju ke tempat wisata ini anda bisa menggunakan kendaraan sendiri ataupun jasa rental mobil jogja. Lokasi yang berjarak kurang lebih 50 km dari malioboro ini sangatlah mempesona. Adapun sahabat bisa menggunakan rute atau petunjuk jalan yang ada di sepanjang jalan.

Rute yang bisa diambil saat menuju Goa Jomblang

Malioboro / Kota Jogja → jalan wonosari → piyungan → pathuk → gading → semanu / terminal bus Semanu → mengikuti papan petunjuk wisata kali suci → lalu mengikuti papan petunjuk menuju wisata goa jomblang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*