Wisata Alam di Kalibiru

Kebersamaan Menikmati Panorama Alam

hutan kalibiru

 Wira Tour jogja – Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang begitu mempesona dan nyaman untuk kita kunjungi. Salah satu tempat wisata yang menampilkan keindahan pesona alamnya adalah wisata kalibiru Kulon Progo. Kalibiru adalah salah satu dari banyaknya wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru ini berada di kawasan Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl.

Selama ini pariwisata di Kulon Progo mungkin tidak terlalu banyak dikenal objek wisatanya terutama wisata alam kalibiru. Berkat dari salah seorang artis yang mengupload foto saat liburan ke tempat wisata kalibiru jogja di dalam akun instagram pribadi miliknya, kini tempat wisata Kalibiru Kulon Progo menjadi salah satu pilihan destinasi wisata jogja yang wajib dikunjungi. Bukan hanya karena keindahan alamnya yang menawan juga karena berbagai fasilitas yang sudah disediakan. Dari puncak kalibirunya, wisatawan atau pengunjung dapat melihat pemandangan dari keindahan perbukitan di bukit menorah tersebut tetapi juga dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit, kalau cuaca cerah Nampak juga di kejauhan putihnya ombak pantai selatan. Dari puncaknya tersebut, Anda juga bisa melihat ke arah timur terlihat hamparan dataran luas hingga yang jauh ke timur. Jika anda menginap disana, anda dapat berkesempatan melihat sunrise dari puncaknya.

Tempat Wisata Alam Kalibiru

Area tempat wisatanya cukup sejuk (saat pagi) dan juga cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda 4 JIB (namun harus hati-hati sebab jalanan berbolek naik turun, mesin motor pun harus kuat  dan stabil saat ditanjakan curam). Fasilitas yang ada cukup banyak dan juga cukup baik, mulai dari tempat makannya, tempat buat pertemuan, tempat untuk menginap, masjid dan lainnya, tempat ini sangat cocok untuk acara forum maupun outbound.

Hutan miliknya pemerintah hingga saat ini dikelola oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan sebagai objek wisata alam maupun wisata edukasi. Bagi anda yang tertarik untuk menikmati keindahan tempat wisata alam Kalibiru Kulon Progo sebaiknya mempersiapkan fisik anda terlebih dahulu. Sebab tidak lengkap rasanya anda ke Kalibiru tidak mencoba jalur trekking.

Lokasi Tempat Wisata Alam Kalibiru

Lokasi tempat wisata alam Kalibiru ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Hutan wisata kalibiru ini hanya berjarak sekitar kurang lebih 40 km dari pusat kota jogja. Objek wisata kalibiru ini sangat berdekatan dengan objek wisata waduk sermo.  Untuk menuju lokasi tersebut, perjalanan anda akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam dari pusat kota Jogja.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Kalibiru Jogja

Agar bisa menikmati fasilitas dan wahana yang ada di hutan wisata Kalibiru Kulon Progo kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 saja dan membayar biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan untu mobil Rp 5.000.

Fasilitas Tempat Wisata Alam Kalibiru Jogja

Berbagai macam fasilitas pendukung untuk liburan seru ada dikalibiru, diantaranya adalah area tempat parker kendaraan yang luas, ruko / kios makanan, fasilitas kamar mandi buat mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond. Dan tidak lupa untuk menikmati pemandangan dengan spot atau view terbaik,  Untuk mendapatkan moment terbaik anda harus naik ke menara pandang di atas pohon, dan tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Fasilitas lain yang bias wisatawan atau pengunjung nikmati adalah gardu pandangnya yang ada diberbagai lokasi atau tempat untuk menikmati pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. Saat pagi hari wisatawan atau pengunjung bisa menyaksikan waduk sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja hari pemandangan sang mentari yang terbenam di barat akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Wisata Kuliner Lezat di dalam Lokasi Kalibiru Jogja

Kalau saat anda liburan ke Kalibiru Kulon Progo, tidak perlu khawatir akan kelaparan dan perut kosong, karena sudah ada banyak penjual makanan disana, baik makanan ringan maupun makanan berat yang bisa anda santap. Di sekitar objek wisata Kalibiru sudah ada banyak warung yang didesain seperti kafe yang berada di pintu masuk setelah halaman tempat parker kendaraan, hingga warung lesehan yang letak berada diturunan setelah gardu pandang bukit pertama, dan setiap 50 meter anda bisa dengan mudah ditemukan penjual makanan ringan hingga sayur lontong dan nasi lauk serta Mie Ayam Pangsit. Soal harga makanannya, anda tidak usah perlu khawatir sebab sangat terjangkau.

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*