Studio Alam Gamplong Yogyakarta

Desa Wisata dan Studio Alam Gamplong

 

STUDIO ALAM GAMPLONG – SUTRADARA asal Yogyakarta Hanung Bramantyo membuat sebuah studio alam film di Desa Wisata Camplong, Sleman Yogyakarta. Meskipun masih terus melakukan pembangunan, Gamplong Studio Alam yang menjadi lokasi syuting film Sultan Agung telah siap dikunjungi sebagai destinasi wisata baru. Bahkan, beberapa waktu yang lalu sudah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.Pengunjung yang melihat ke tempat tersebut akan dibawa ke suasana abad 16. Di atas sebuah tanah lapang dan kebun kas desa seluas sekitar 2 hektar, dibangun sejumlah replika konstruksi zaman kolonial Belanda. Memasuki kawasan ini, benteng Batavia menjadi salah satu bangunan yang menarik perhatian. Selain karena replika ini mirip dengan aslinya, juga karena faktor sejarah di mana benteng Batavia menjadi cikal bakal terbentuknya Indonesia.

 

Baca Juga : Wisata Edukasi Museum Pesawat Dirgantara

Studio Alam Gamplong                                                                                                                                               studio alam gamplong(beritagar.id)

Untuk dapat masuk ke replika benteng Batavia itu kita harus melewati jembatan ungkit yang berada persis di depan pintu masuk benteng. Konstruksi jembatan ini dibangun dengan gaya tradisional khas Belanda. Pintu gerbang replika benteng Batavia menjulang dengan kokoh. Berwarna coklat tua layaknya pintu kastil. Di sinilah pintu masuk kota Batavia. Di dalamnya menggambarkan bangunan-bangunan Belanda pada masa itu. Ditengah-tengah area Studio Alam Gamplong terdapat rumah jawa kuno yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu dan dilengkapi dengan kandang sapi dan gerobak kayu. Seolah belum cukup, masih ada Kampung Belanda lengkap dengan benteng VOC, Kampung Pecinan, dan aliran Sungai Ciliwung yang diatasnya terdapat sebuah jembatan besi.

 

Baca Juga: Berwisata alam sekaligus bersantap khas pedesaan di  Sobo nDeso Bantul

Studio Alam Gamplong                                                                                                                                                        Jembatan ungkit (krjogja.com)

Keluar dari benteng Batavia, di sisi kiri benteng terdapat replika bangunan di kampung Pecinan. Kampung pada masa Hindia Belanda menjadi tempat untuk mengumpulkan masyarakat Tionghoa untuk melakukan pemisahan berdasarkan latar belakang rasial pada zaman Hindia Belanda.

Tiket Masuk Gamplong Studio Alam
Gratis
Masuk di kawasan benteng Batavia dan pendopo Sultan Agung dengan syarat sudah follow Instagram @gamplong_studio dan mengunggah foto di Instagram dengan menandai minimal 3 orang teman.

Jam Buka Gamplong Studio Alam
Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

 

Lihat Google Map untuk lokasi lebih jelasnya.

                               

 Baca Artikel Lain: Paket Wisata dan Sewa mobil Jogja

 

 Pilih Wisata 1 – 5 Hari  

Paket 1 Hari Paket 2 Hari 1 Malam Paket 3 hari 2 Malam
Paket 4 Hari 3 malam Paket 5 hari 4 Malam Paket Study Tour

 

 

 Pilihan Paket Sewa Mobil 

 Paket Sewa Avanza   Paket Sewa Innova 
 Paket Sewa Toyota Hiace   Paket Sewa Elf Short 
 Paket Sewa Elf Long   Paket Sewa Medium Bus 
 Paket Sewa Big Bus   Paket Sewa Toyota Fortuner 
 Paket Sewa Toyota Camry  Paket Sewa Toyota Alphard 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.