Sejarah Candi Wisnu dan Candi Brahma

Rate this post

Sejarah Candi Wisnu dan Candi Brahma – Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang terkenal di mancanegara. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah taman wisata Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Di dalam kompleks Candi Prambanan terdapat banyak candi dengan nama yang bervariasi. Selain itu di kawasan wisata ini terdapat banyak candi megah, memiliki panorama mengagumkan, salah satunya candi wisnu dan candi brahma. Candi-candi itu memiliki sejarah yang mungkin bisa mustahil untuk di bayangkan dan terjadi di masa lalu. Kedua candi ini menyimpan rahasia di balik pemandangan yang indah.

Candi Wisnu

candi wisnu
Kemegahan Candi Wisnu

Candi Wisnu berada di sebelah utara Candi Syiwa. Tubuh candi ini berdiri di atas sebuah batur yang membentuk selasar berlangkan. Tangga untuk naik ke permukaan batur berada di sisi bagian timur candi. Sedangkan di sepanjang dinding tubuh candi berderet panil dengan pahatan yang menggambarkan Lokapala.

Relief yang terdapat di Sepanjang dinding dalam langkan dihiasi seretan panil yang memuat relief Krisnayana. Relief Krisnayana merupakan kisah kehidupan Krisna sejak ia dilahirkan sampai ia berhasil menduduki tahta Kerajaaan Dwaraka.

Di bsgisn atas dinding langkan berderet hiasan ratna. Di bawah ratna yang berada di sisi luar dinding langkan ini terdapat relung kecil dengan hiasan Kalamakara di atasnya. Pada bagian relung terdapat pahatan yang menggambarkan Wisnu sebagai pendeta yang sedang duduk dengan berbagai posisi tangan.

Candi ini hanya mempunyai sebuah ruangan dengan satu pintu yang menghadap ke timur. Pada bagian dalam ruangan tersebut, terdapat Arca Wisnu yang berada dalam posisi berdiri di atas ‘umpak’ berbentuk yoni. Arca Wisnu digambarkan sebagai dewa bertangan 4. Pada bagian tangan kanan belakang memegang Cakra (senjata Wisnu) sedangkan untuk tangan kiri memegang tiram. Lalu pada tangan kanan depan memegang gada dan tangan kiri memegang setangkai bunga teratai.


Candi Brahma

Kemegahan Candi Brahma

Candi Brahma letaknya berada di sebelah selatan Candi Syiwa. Untuk bagian tubuh candi berdiri di atas batur yang membentuk selasar berlangkan. Relief terdapat pada sepanjang dinding tubuh candi yang berderet panil dengan pahatan menggambarkan Lokapala.

Pada Sepanjang dinding dalam langkan dihiasi seretan panil yang memuat kelanjutan cerita Ramayana di dinding dalam langkan Candi Syiwa. Penggalan cerita Ramayana yang berada di Candi Brahma ini mengisahkan peperangan Rama dibantu adiknya, Laksmana. Pada kisah itu dibantu juga oleh bala tentara kera melawan Rahwana.  Ceritanya berlanjut sampai pada Sinta pergi mengembara ke hutan setelah diusir oleh Rama yang meragukan kesuciannya. Sinta melahirkan putranya di hutan di bawah perlindungan seorang pertapa.

Di bagian atas dinding langkan berderet hiasan ratna. Sedangkan di bagian bawah ratna yang menghadap ke luar, terdapat relung kecil dengan hiasan Kalamakara di atasnya. Di bagian dalam relung terdapat pahatan yang menggambarkan Brahma sebagai pendeta yang sedang duduk dengan berbagai posisi tangan.

Candi ini juga sama kaya candi wisnu yang juga hanya mempunyai sebuah ruangan dengan satu pintu yang menghadap ke timur. Pada bagian dalam ruangan tersebut, terdapat Arca Brahma dalam posisi berdiri di atas umpak berbentuk yoni. Brahma merupakan gambaran sebagai dewa yang memiliki empat wajah, masing-masing menghadap ke arah yang berbeda, dan dua pasang tangan. Pada bagian dahi di wajah yang menghadap ke depan terdapat mata ketiga yang disebut ‘urna’. Patung Brahma itu dulunya sebetulnya sangat indah, tetapi sekarang sudah rusak. Dinding di dalam ruang Brahma polos tanpa hiasan. Pada dinding itu pada setiap sisinya terdapat batu yang menonjol yang berfungsi sebagai tempat meletakkan lampu minyak.


candi-siwa-dan-candi-wisnu
Pesona Kemegahan Candi Hindu

Nah,, kita bisa berkunjung ke kedua candi itu untuk berwisata sekaligus belajar sejarah. Sedangkan letak kedua candi tersebut masih berada dalam satu komplek dengan Candi Prambanan. Lokasi taman wisata Candi Prambanan sangat mudah diakses sebab deket dengan jalan raya, dan memiliki halaman komplek yang luas sehingga bisa untuk berkumpul keluarga sambil bisa menikmati wisata alam yang ada di sana.

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke candi brahma, candi wisnu dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya. Bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan paket wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya. Kami menyediakan dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir&BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional. Dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

LIHAT PAKET : 

  1. Paket Wisata 1 Hari.
  2.  Paket Wisata 2 Hari 1 Malam.
  3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam.
  4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam.
  5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam.
  6. Paket Wisata Lainnya.

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*