river tubing oyo

Rafting Sungai Oyo – Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

Susur Sungai Di Rafting Sungai Oyo Gunungkidul

 

Rafting Sungai Oyo – Objek wisata bertema alam memang menjadi andalan di kota Yogyakarta, karena banyak sekali objek wisata di Jogja yang memanfaatkan keindahan pemandangan alamnya untuk dijadikan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Beragam jenis objek wisata alam terkenal yang terdapat di Jogja seperti pantai, gunung, perbukitan, hutan pinus, sungai dll. Di artikel kali ini tema yang akan kami bahas yaitu objek wisata Jogja hits Rafting Sungai Oyo di Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi yang berdekatan dengan objek wisata Goa Pindul yang sangat terkenal itu membuat Rafting Sungai Oyo menjadi objek wisata wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. 

 

Karena selain berdekatan dengan wisata Goa pindul rute yang dilalui dari kota Jogja pun searah dengan lokasi Pantai termantap di Jogja, yang mungkin sudah pernah anda dengar namanya. Seperti pantai indrayanti, pantai baron, pantai kukup dan masih banyak pantai lagi yang lokasi juga di Gunungkidul. Oleh karena itu jika anda sedang berlibur di Jogja dalam beberapa hari, menjadwalkan rencana wisata anda ke Gunungkidul menjadi wajib hukumnya. Dikarenakan kalau berwisata ke Yogyakarta tetapi belum berfoto di Goa Pindul atau salah satu pantai di Gunungkidul rasanya wisata anda ke Jogja tersebut kurang lengkap. Karena pengalaman yang didapatkan saat berwisata khususnya di Rafting Sungai Oyo ini tidak akan anda dapatkan di kota-kota lain. Dimana durasi waktu dari susur sungai tersebut sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh 2 km yang dipastikan akan membuat anda puas dengan suguhan pemandangan yang ada. 

artikel lainnya Museum Wayang Kekayon Jogja – Harga Tiket dan Lokasi

Jika anda merupakan orang yang menyukai wisata adrenaline yang tinggi lebih disarankan untuk berkunjung ke wisata ini saat musim hujan, karena saat debit air tinggi anda dapat menggunakan perahu karet untuk menyusuri sungai dengan derasnya arus. Karena pada saat musim hujan terutama saat debit air tinggi jarak tempuh yang dapat dilalui pun 2-4 kali lebih jauh daripada di musim kemarau. Dengan adanya arus yang lebih kencang terdapat juga beberapa titik ombak cukup ekstrim yang akan menguji adrenaline anda. Namun untuk anda yang kurang tertarik dengan wisata menantang ini, anda dapat mencobanya di musim kemarau atau saat tidak terjadi hujan deras beberapa hari sebelumnya. 

 

rute rafting sungai oyo

 

Kelebihan rafting sungai Oyo

Beberapa kelebihan yang ada di objek wisata Rafting Sungai ini diantaranya adalah :

  • Terdapat beberapa pilihan harga tiket sesuai dengan paketnya.
  • Disediakan pemandu yang akan ikut mengantarkan anda menyusuri sungai.
  • Jalur sungai memiliki panjang kurang lebih 1,5km saat musim kemarau atau 3-6km saat musim hujan dengan waktu kurang lebih 1-2jam.
  • Kedalaman air sekitar 0,5m – 12m.
  • Aliran sungai melewati tengah-tengah tebing dinding batuan.
  • Versi kw super dari keindahan green kanyon.
  • Disekitar jalur terdapat beberapa air terjun setinggi 2-4m.

Anda bebas berenang sepanjang jalur tetapi sesuai arahan pemandu dan tidak diperbolehkan tanpa menggunakan pelampung. Dan tidak perlu khawatir karena dibeberapa lokasi arus airnya tidak kencang dan airnya bening dan bersih.

 

susur sungai

 

Fasilitas Rafting Sungai Oyo

  1. Pemandu
  2. Pelampung body rafting
  3. Ban tubing
  4. Sepatu tahan Air
  5. Wedang Pindul
  6. Transportasi pengantaran/penjemputan dan asuransi.

Fasilitas yang lengkap dan tempat sekitar objek wisata yang ridang dan sejuk dikelilingi area persawahan. Dengan lokasi yang berdekatan dengan Goa Pindul dan tidkka terlalu jauh dari pantai-pantai indah di Jogja. 

artikel bermanfat lainnya Tips Memilih Biro Perjalanan Wisata Tour & Travel Berizin

Lokasi Rafting Sungai Oyo

Letak tepatnya objek wisata ini beralamat di Gelaran II RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Dengan kondisi jalan yang sudah bagus dan bisa dilewati bus besar ditambah parkir kendaraan yang luas. 

Untuk lokasi lengkapnya cek via google map berikut.