Rafting Sungai Elo

Wisata Adrenalin di Sungai Elo

Gambar 1. Rafting Sungai Elo

Taukah sahabat mengenai hal yang mengasyikan saat berkunjung ke Jogja? Mungkin pilihan dari para sahabat sekalian bermacam-macam dan bervariasi mengenai pilihannya?  Mungkin dari sebagian sahabat ada yang menghabiskan waktu di Jogja untuk belajar, ada yang menghabiskannya dengan berwisata sekaligus berpetualang, ada juga yang menghabiskan waktu dengan berbelanja, atau banyak pilihan lainnya, tapi nggak apa-apa, biarpun berbeda tetapi tujuannya sama yaitu untuk meramaikan Jogja

Mengenai hal berwisata dan berpetualang, ada salah-satu tempat wisata yang mungkin bisa memacu adrenalin sahabat, selain itu tempat ini asyik, sebab sahabat bisa menikmati keadaan alamnya juga. Tempat wisata ini masih tetangga dan lokasinya tidak jauh dengan Jogja. Lokasi wisata ini berada di daerah Jawa Tengah pasnya di Kabupaten Magelang. Tempat wisata yang memacu adrenalin kita ini adalah Rafting Sungai Elo.

Definisi kata Rafting Sungai Elo

Kalau kita berbicara mengenai arti kata “Rafting Sungai Elo” berdasarkan beberapa sumber yang ada salah satunya di mesin pencarian  “google.com”. berbicara mengenai pengertian katanya, untuk “rafting” sendiri yang berarti arung jeram atau suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Sedangkan untuk “Sungai elo” merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan rafting itu sendiri.

Rafting yang dilakukan di sungai elo cukup aman bila di lakukan oleh sahabat yang belum pernah melakukan rafting (pemula), dikarenakan arus sungai elo yang cukup stabil baik musim kemarau ataupun musim penghujan apabila sahabat ingin melakukan kegiatan rafting. Sumber mata air sungai elo berasal dari Gunung Merbabu. Sungai elo memiliki kedalaman airnya rata-rata sekitar 4 – 5 meter. Sehingga masih tergolong aman untuk dilakukan rafting.

Jalur Rafting Sungai Elo

Gambar 2. Jalur Rafting Sungai Elo

Sungai elo  memiliki beberapa jalur rafting yang bisa di gunakan untuk para wisatawan yang mau berafting di sungai ini. Sungai elo ini memiliki tempat keberangkatan atau Start Point yang berada di Desa Pare, Blondo, Magelang, sedangkan untuk alamat pemberhentiannya atau Finish Point dari kegiatan rafting sungai elo ini berada di daerah Mendut , Magelang Jawa Tengah yang masih satu kawasan lokasi wisata dengan Candi Mendut.

Di sini juga terdapat beberapa tentor atau pemandu rafting yang berpengalaman yang bisa membantu anda disana, beberapa pemandu atau bisa disebut operator rafting diantaranya Mendut Rafting, Citra Elo, Hotel Puri Asri, Bali Paradise Rafting, Progo Rafting, Kompas Adventure, ELORIVERS Adventure dan ada juga Sabana Rafting.

Namun kalau sahabat bingung memilih, sahabat bisa menggunakan jasa kami (CV Wira Tour Jogja), kami bisa mengurusi perjalanan sahabat untuk menikmati keindahan dan kebahagiaan dalam menikmati rafting di sungai ini, dan sahabat juga bisa berwisata sambil menguji adrenalin sahabat.

Tips dalam Memilih Operator Rafting Sungai Elo

Dalam memilih pemandu ataupun operator rafting yang terpenting bisa menjaga keselamatan dari awal sampai akhir perjalanan. Adapun tips atau point-point penting lainya yang perlu diperhatikan dalam memilih pemandu ataupun operator rafting diantaranya :

  • Pilih operator rafting yang resmi, legal dan berasuransi
  • Pilih operator rafting yang mengutamakan keamanan
  • Berpengalaman
  • Dan pilih operator rafting yang nyaman menurut sahabat

Akan tetapi sahabat tidak perlu takut untuk menikmati maupun mencoba paket wisata rafting di sungai ini, sebab sahabat di jamin keamanannya dan rafting disungai ini juga menyenangkan.

Situasi Lokasi Rafting Sungai Elo

Gambar 3. Persiapan Rafting di Sungai Elo

Berhubungan rute yang akan dilalui rafting di sungai ini sepanjang kurang lebih hampir 13 km dengan waktu yang bisa di tempuh sekitar kurang lebih 2 jam. Untuk itu dilakukan beberapa persiapan diantaranya:

  • Persiapan Perlengkapan rafting
  • Brefing Savety Guard rafting ( mendengarkan penjelasan pemandu yang aman dan benar saat sedang melakukan rafting )
  • Melakukan pemanasan atau olah raga ringan sebelum berangkat.

Sahabat dapat melanjutkan perjalanan dan menikmati pemandangan di sekitar sungai ini yang masih asri dan seger untuk dinikmati. Apalagi udaranya yang sejek ditambah lagi dengan suara aliran arus sungai yang indah menambah keindahan tersendiri saat berada di atas perahu.

Pada saat menikmati jalur di sungai ini, sahabat bisa bisa menemukan beberapa nama jeram yang bisa di lalui, diantaranya jeram julia, jeram sesek, jeram kedung celeng, jeram rolex, jeram zig zag 1, jeram zig zag 2, jeram ziq zag 3 dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayang kalau dilewatkan keindahan alam sungai elo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*