Pesona Ikatan 3 Candi Buddha di Jawa tengah

Hubungan Erat dari 3 Candi Buddha di Jawa Tengah

pesona 3 candi

Sahabat mungkin sudah tau mengenai candi-candi yang saling mempunyai hubungan erat saat proses perayaan hari besar, contohnya perayaan waisak. Candi yang mempunyai hubungan yang erat adalah Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur. Ketiga candi itu sering digunakan untuk melakukan ritual agama, dan menjadi destinasi wisata yang sering di kunjungi terutama candi Borobudur.

Pada setiap tahunnya saat bulan purnama penuh di bulan mei atau bulan Juni (tahun kabisat), berbagai umat buda di indonesia memperingati waiisak di Candi Borobudur. Hari waisak di peringati sebagai hari kelahiran , kematian, dan pada saat ketika Siddharta Gautama memperoleh kebijaksanaan tertinggi dengan menjadi Budha Shkyumuni,  ini sebabnya ketiga peristiwa itu di sebut dengan Trisuci Waisak. Upacara Waisak ini di pusatkan pada tiga buah candi buddha dengan berjalan kaki dari Candi Mendut lalu ke Candi Pawon dan berakhir di Candi Borobudur.

Yuk kita mengenal lebih dekat tentang ketiga candi tersebut yang pada hari besar waisak selalu di pergunakan di dalam ritualnya. Keterangan ketiga candi tersebut sebagai berikut :

  • Candi Borobudur

candi borobudur

Candi Borobudur bisa di sebut ataupun merupakan salah satu candio buddha yang letaknya berada di lokasi wisata borobudur, magelang, jawa tengah. Tempat wisata candi ini berada sekitar kurang lebih 100 km di sebelah barat daya dari kota semarang, lalu sekitar kurang lebih 86 km di sebelah barat dari kota surakarta dan candi ini berada sekitar kurang lebih 40 Km di sebelah barat laut dari Jogja.

Candi ini didirikan dan dibangun sekitar tahun 800-an masehi atau pada masa pemerintahan dinasti wangsa syailendra. Candi yang mempunyai bentuk stupa ini merupakan candi atau kuil Budda terbesar di dunia, sekaligus enjadi salah satu dari monumen Buddha terbesar di dunia.

Candi Borobudur ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar (persegi / segi empat) yang diatasnyaterdapat tiga plataran melingkar. Pada setiap bagian dindingnya dihiasi dengan sekitar kurang lebih 2.600-an panel relief dan juga terdapat sekitar kurang lebih 504 arca Budda. Sedangkan untuk stupa utamanya yang terbesar terletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini. Stupa yang besar ini dikelilingi oleh tiga baris stupa yang melingkar yang banyaknya sekitar kurang lebih 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca buda tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) lalu Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

  • Candi Mendut

candi mendut

Candi Mendut mrupakan salah satu  dari beberapa candi Budha di jawa  dan cukup penting peranannya di Jawa khususnya jawa tengah. Candi ini terletak di sebuah desa yang bernama Mendut, di kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Letak dari candi ini sangatlah strategis yaitu kurang lebih sekitar  3 kilometer dari Candi Borobudur.  

Letak dari candi ini yang sangat strategis membuat candi ini menjadi salah satu obyek wisata yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara setiap hari. Pada saat peringatan hari raya Waisak, candi ini akan sangat ramai sekali sebab menjadi pusat prosesi awal acara peringatan Waisak sebelum prosesi bergerak menuju ke Candi Borobudur.

Proses pembangunan Candi Mendut ini, dibangun dengan bahan bangunannya menggunakan batu bata yang dicampur dengan batu andesit yang sangat kokoh. Candi Buddha yang satu ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 26,4 meter, yang berdiri pada sebuah batur setinggi kurang lebih 2 meter yang permukaannya dilengkapi dengan langkan. Candi ini terdiri dari satu buah bangunan utama yang cukup besar dengan ruangan yang berada di dalamnya. Untuk bisa memasuki ruangan dalam candi, di depan pintu masuk terdapat tangga naik ke dalam candi yang menghadap ke barat

  • Candi Pawon

candi pawon 2

Candi Pawon merupakan versi pendahuluan untuk Candi Borobudur. Dugaan ini didasarkan pada lokasi candi yang berada tepat di pertengahan bangunan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Selain itu, hal ini juga didasarkan pada pola relief yang terpahat pada dinding-dinding situs bangunan Candi ini yang dianggap sebagai permulaan dari relief yang terdapat pada situs bangunan bersejarah Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Seorang ahli purbakala, Porbatjaraka juga mengungkapkan pendapatnya yang mana Candi Pawon adalah masih sebuah bagian dari bangunan Candi Borobudur atau disebut sebagai upa angga dari Candi Borobudur.

Selain itu, lokasinya yang berada di tengah-tengah diantara bangunan Candi Borobudur dan Candi Mendut, candi Buddha ini juga disebut sebut sebagai poros tengah ketiga candi tersebut. Jarak ketiga candi tersebut adalah sekitar 1,15 kilometer dari lokasi Candi Pawon ke arah timur berdiri bangunan Candi Mendut dan sekitar 1,75 kilometer ke arah barat berdiri bangunan Candi Borobudur yang megah. Secara administratif situs bangunan Candi Buddha ini terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi jawa Tengah.

candi mendut 2

candi borobudue

Bagaimana sahabat? Apa sahabat tertarik dan penasaran mengenai Hubungan Erat dari 3 Candi Buddha di Jawa Tengah ?

Mari sahabat bisa ajak teman, sahabat, keluarga, orang yang di cintai, ataupun siapa saja untuk menikmati pesona alam dan mengenal tentang Hubungan Erat dari 3 Candi Buddha di Jawa Tengah

“ow iya para sahabat wira, jika sahabat suka mengenai artikel atau catatan kecil ini mengenai Hubungan Erat dari 3 Candi Buddha di Jawa Tengah ini bisa sahabat share ke siapa aja atau teman-temanmu yang belum tau mengenai hal ini, sekalian sahabat juga bisa memajukan pariwisata yang ada di indonesia khususnya wisata di Jawa Tengah”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*