Pasar Senthir Yogyakarta

Pasar Senthir Ibarat Malioboro Muda

pasar senthir

wiratourjogja – Kebanyakan orang yang sudah berkunjung, kenal dan tinggal cukup lama di Jogja, tentunya tidak akan asing lagi dengan nama Pasar Senthir. Dalam kamus bahasa jawa Senthir mempunyai arti lampu minyak kecil yang sering dipergunakan sebagai keperluan penerangan seadaanya. Senthir sering juga menjadi icon bagi para pedagang makanan khas jogja yang sering disebut dengan Angkringan, Nasi Kucing juga sudah sangat terkenal di Jogja. Dan tentunya disebut Pasar Senthir sebab mereka menggunakan penerangan Senthir untuk keperluan menggelar dan menjual barang dagangannya di waktu malam hari. Tidak semuanya pegagang yang menggunakan atau memakai Senthir ada juga pedagang yang memakai Penerangan Listrik atau Petromax.

Pasar Senthir merupakan salah satu pasar yang buka pada sore dan tutupnya sampai malam hari di daerah jalan Mangkubumi (utara kawasan Malioboro dan selatan daerah Tugu) yang menyediakan berbagai macam  barang-barang mulai dari sandal bekas, handphone bekas, buku, majalah, komik, sepatu, uang koin kuno, kaset, onderdil motor / mobil bekas, Aneka barang elektronik seperti kipas angin, radio tape, setrika, jam, blender, dan lainnya. Intinya barang-barang yang bekas-bekas dapat diperoleh di Pasar Senthir ini. Kadang kala barang-barang bekas yang dijual oleh pedagang kaki lima di emperan toko masih sedemikian bagusnya.

Baca Juga : Mengingat Kenangan di Beringhardjo

Dimalam hari, kebanyakan pengunjung menganggap Pasar Senthir itu ibarat malioboro muda. Banyak pengunjung yang berkeliling menyusuri deretan pedagang kaki lima di Jalan Mangkubumi ini. Para pedagang yang menggelar dan menjajakan barang dagangannya dengan cara lesehan ini (berbeda dengan pedagang yang berada di malioboro yang menggelar dagangannya di meja-meja ataupun lapak-lapak khusus) sudah merembet dan melebar ke arah utara sampai ke jalan A,M.Sangaji, melewati kawasan Tugu Jogja, di daerah kawasan pasar Kranggan. Keramaian pengunjung dan pedagang di Emperan toko ini cukup menarik untuk disinggahi dan dinikmati keunikannya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*