Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Berbelanja sekalian berlibur di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Gambar 1. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Kalau berbicara mengenai kota Jogja banyak yang ingin terucap, sampai kehabisan kata yang ingin di ucapkan. Kota Jogja ini memang unik, tak hanya sebagai kota pelajar dan kota wisata saja, jogja juga terkenal sebagai kota belanja. Bukan hanya jadi surga belanja bagi para pecinta souvernir unik dan fashion saja, akan tetapi menjadi surga para pecinta satwa dan tanaman hias. Tempat ini berada di Jalan Raya Bantul km 1, Dongkelan dan kebanyakan orang mengenal tempat ini dengan nama PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta).

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) ini merupakan pusat dari pasar satwa dan tanaman hias terbesar dan paling komplit yang ada di Jogja. Pasat ini menjadi pilihan  bagi pecinta satwa dan juga tanaman hias. Lokasi pasar ini terbagi menjadi 2 zona yang di pisahkan oleh jalan raya Bantul, lokasi atau zona itu adalah zona satwa dan zona ikan hias yang terletak di sebelah timur jalan raya Bantul dan untuk yang satunya yaitu zona tanaman hias yang berada di sebelah barat jalan raya Bantul.

Sejarah Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)

Dahulu sebelum PASTY berdiri di jalan Bantul, lokasi dari pasar ini berada sangat dekat dengan Kraton Jogja, pasar ini dulunya adalah pasar ngasem. Pasar ngasem berada di dalam kawasan benteng Kraton Jogja dan juga berada di deket obyek wisata taman sari dan alun-alun selatan.

Karena lokasinya yang strategis di pusat kota, membuat pasar ngasem dulu semakin ramai dikunjungi, bukan hanya para pecinta satwa dan tanaman hias saja tetapi wisatawan lokal maupun mancanegara ikut juga meramaikan pasar ngasem ini sehingga membuat kondisi kurang kondusif dan kemacetan juga. Untuk menjaga fungsi dari pasar itu sendiri sebagai pusat aktivitas jual beli satwa dan tanaman hias, pemerintah kota Jogja memindahkan pasar ngasem ke pasar yang sekarang yaitu PASTY.

Pasty merupakan pasar dengan konsep yang bergaya moderen dengan penataan yang rapi sehingga membuat nyaman penjual maupun pembeli saat berada didalam pasar ini. Dan pada saat para penjual menata dagangannya, dan sahabat berjalan menyusuri los-losnya, sahabat bisa menemukan suasana yang hampir mirip dengan suasana yang ada di kebun binatang gembira loka, sebab di pasar ini di penuhi berbagai satwa, diantaranya ada jenis burung, jenis kucing, jenis anjing, unggas, reptil, serta ikan hias. Selain satwa di pasar ini juga menjual aneka pakan satwa dan aneka  kandang.

Pasty juga bisa menjadi alternatif obyek wisata yang murah meriah selain gembira loka zoo. Sahabat bisa mendengar gemuruhnya suara hewan. Sekalian sahabat bisa menbeli hewan yang ada di pasar ini sambil berefresing menikmati suara burung yang sedang berkicau dan suara hewan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*