Pantai Ngandong Gunungkidul

Pantai Ngandong – Wisata di Jogja selain Pantai di Gunungkidul seperti Krakal, Indrayati, dan Sundak. Ada satu pantai lagi yang wajib dikunjungi jika sedang berwisata pantai di Gunungkidul, yaitu Pantai Ngandong. Pantai Ngandong berada kawasan pantai Indrayanti yang letaknya sedikit tersembunyi diantara kawasan wisata pantai yang cukup terkenal tersebut. Pantai ini bisa disebut sebagai surga kecil yang tersembunyi karena keindahan pantainya yang masih alami serta pemadangan batu karang dan sebuah pulau kecil yang berada di tengah laut.

Baca Juga : Jembatan Gantung Pantai Timang

Karakteristik Pantai Ngandong adalah sebagai pantai landai yang berpasir putih sama seperti pantai-pantai lain yang ada disekitarnya. Kondisi pasir pantainya masih bersih dan belum ditemukan sampah terpendam di dalam pasir. Ombak pantai sedikit lebih tenang karena terhalang oleh pulau kecil yang ada di tengah laut. Beberapa wisatawan memanfaatkannya untuk berenang hingga snorkeling di laut. 

 

wiratourjogja.com

 

Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga bisa dipakai untuk bermain air. Belum lagi hamparan pasir putih yang menghiasi sepanjang pantai tentunya membuat siapa saja yang datang ingin berlama-lama. Kelebihan lain dari Pantai Ngandong adalah sunset yang sangat cantik. Hal ini karena Pantai Ngandong langsung berhadapan dengan Samudera Hindia namun sedikit menjorok ke barat.

Secara keseluruhan daya tarik Pantai Ngandong Gunungkidul tidak kalah dibandingkan dengan kawasan wisata pantai yang paling terkenal seperti Pantai Indrayanti bahkan mungkin keindahannya melebihi pesona pantai tersebut. Fasilitas pendukung wisatanya pun cukup lengkap mulai dari warung makan hingga resort dan persewaan perahu.

 

wiratourjogja.com

 

Karena pantai Ngandong juga menjadi tempat tinggal oleh nelayan-nelayan setempat. Maka wisatawan akan dengan mudah menemukan beberapa warung dan penginapan yang terletak di dekat pantainya. Dan juga pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di sekitar kawasan pantai. Daya tarik wisata semacam ini jarang ditawarkan oleh pantai-pantai lain karena rata-rata perahu tersebut digunakan nelayan untuk melaut atau mencari ikan.

 

wiratourjogja.com

 

Letak Pantai Ngandong berada di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunugkidul, DI Yogyakarta. Lokasi Pantai Ngandong berada disebelah barat kawasan Pantai Sundak dan disebelah timur kawasan Pantai Sadranan. Cukup mudah untuk menemukan kawasan pantai ini meskipun letaknya sedikit tersembunyi diantara pantai-pantai yang ada disekitarnya. Wisatawan yang ingin ke pantai ini tinggal berpatok pada papan petunjuk ke arah Pantai Sundak kemudian ambil jalan kecil ke arah barat atau kanan sejauh 50 meter.

Baca Juga Artikel Lain : Kampung Edukasi Watu Lumbung Kretek Bantul

 Untuk lokasi lebih jelasnya Cek Google Map berikut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *