Oleh-oleh Jogja Gudeg Kering Yu Djum

Gudeg Yu DjumMemulai hari di Yogyakarta dengan menikmati makanan gudeg sebagai menu sarapannya. Sebelum berwisata Keliling Jogja di sarankan untuk mengisi perut terlebih dulu dengan makanan gurih manis tersebut. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta selalu menjadi incaran kuliner para wisatawan saat bekunjung ke jogja atau dibawa sebagai oleh-oleh.

 

Gudeg Yu Djum Jogja Istimewa

 

Baca Artikel Lainnya : Wisata di Jogja Terpopuler dan Instagramable 2018

Jln. Wijilan adalah lokasi yang dikenal sebagai Kampung Gudeg yang letaknya tidak jauh dari kawasan Keraton Yogyakarta di pusat Kota Yogyakarta. Memiliki pintu masuk berbentuk lorong gerbang putih tinggi yang masih berdiri kokoh sejak peninggalan kerajaan Mataram dulu. Salah satu gudeg yang terkenal yang ada di Jl. Wijilan Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum ini berdiri pada tahun 1950, beberapa tahun setelah Gudeg Bu Slamet (gudeg pertama di Wijilan, 1942). Nama Yu Djum berasal dari Djuwariah.

Saat pertama berdiri, warung gudeg ini bernama Warung Gudeg Ibu Djuwariah. Awalnya dirintis oleh Yu Djum yang berjualan di trotoar di Jalan Wijilan Yogyakarta. Sampai sekarang Gudeg Yu Djum sudah menjadi warung gudeg yang paling terkenal di Jogja. Gudeg Yu Djum sangat terkenal karena kenikmatannya. Yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar, inilah salah satu rahasia mengapa Gudeg Yu Djum lezat. Sampai sekarang Yu Djum yang sudah berusia lebih dari 80 tahun ini masih memasak sendiri gudeg jualannya.

 

Gudeg Yu Djum Jogja

 

Jenis dari gudeg Yu DJum adalah gudeg kering sehingga lebih tahan lama. Cocok untuk dimakan langsung dan dibawa untuk oleh-oleh dengan kemasan kendhil, besek, ataupun kaleng. Gudeg ini tidak mudah basi sehingga lebih cocok untuk diawa oleh-oleh daripada gudeg basah. Sajian nangkanya yang benar-benar kering, berwarna kecoklatan, dan rasanya tidak terlalu manis di lidah. Sama dengan gudeg lainnya, Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg plus areh kental, sambal krecek dan lauk. Varian Lauknya sangat banyak, bisa dipilih tergantung keinginan Anda.

Ada telur rebus yang sudah dibumbui sehingga rasanya manis, tahu, tempe, suwiran daging ayam, ampela ati, potongan bagian tubuh ayam seperti kepala, dada, paha atas, dan sebagainya. Sambal goreng kreceknya juga kering. Dengan campuran kacang tolo pedas, asin dan berwarna merah, rasanya sangat cocok dinikmati dengan nasi gudeg. Apalagi, ditambah telor rebus yang berwarna kecoklatan dan kuah ayam arehnya yang semakin menambah rasa nikmat sajian khas Yogyakarta ini.

Baca Juga : Abhayagiri Jogja, Restaurant Dengan Kenikmatan yang Menawan

Rentang harga satu porsi: Menu makanan nasi gudeg dengan lauk tahu, telur, ayam suwir, sayap, paha, ati ampela, dan lainnya berkisar antara Rp 11.000 – Rp 37.000. Paket besek atau kendil diberi harga antara Rp 45.000 – Rp 225.000. Gudeg Yu Djum ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Referensi : HarianBernas.com

 

Cek Lokasinya di Google Map : 

 

 

 Paket Sewa Mobil 

Paket Sewa Avanza  Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sew Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari 

Paket  1 Hari Paket  2 Hari 1 malam Paket  3 Hari 2 malam
Paket  4 Hari 3 malam Paket  5 Hari 4 malam Paket  Study Tour

 
 Tujuan Wisata Bisa Di Rubah 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.