museum wayang kekayon jogja

Museum Wayang Kekayon Jogja – Harga Tiket dan Lokasi

Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi

 

Museum Wayang Kekayon – Kota Yogyakarta identik dengan icon yang berkaitan dengan batik dan wayang, karena seperti julukannya Jogja terkenal dengan sebutan Kota pelajar dan Kota budaya. Kedua identitas itu dapat anda temui dengan mudah di setiap pelosok daerah Jogja. Terutama dengan terdapatnya banyak wisata museum yang ada di Yogyakarta, salah satunya adalah museum wayang kekayon Jogja yang berada di Jl Jogja – Wonosari.

Museum wayang kekayon ini didirikan oleh Prof. Dr. dr. KPH. Soejono Prawirohadikusumo dan diresmikan pada tahun 1991 dengan tujuan agar Yogyakarta memiliki sebuah tempat yang memiliki banyak koleksi yang berharga dan bersejarah tersebut. Agar karya seni bersejarah ini tidak tergerus dan hilang karena berkembangnya zaman. Museum wayang ini memiliki 1 bangunan auditorium di komplek museum yang seluas 1,1 h yang di dalamnya menampilkan segala jenis wayang yang ada di Jawa dan luar jawa, juga terdapat beberapa wayang dari mancanegara. 

baca artikel Museum Batik Yogyakarta – Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Terdapat berbagai macam koleksi wayang yang memiliki umur ratusan tahun, seperti : Wayang Golek Thengul, Wayang Madura, Bali dan Lombok. Sampai koleksi wayang modern seperti Wayang Perjuangan atau Suluh dan Wayang Republik yang saat ini sering dipentaskan. Juga memiliki berbagai macam koleksi topeng, beberapa busana wayang wong dan wayang suluh juga terdapat patung wayang wong dengan ukuran besar.

museum wayang kekayon jogja

Bagian – bagian Museum Wayang Kekayon

Memiliki arsitektur bangunan dengan gaya khas jawa dan taman yang memiliki bangunan yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia. Komplek taman museum ini dijadikan tempat belajar ekstrakurikuler untuk pelaar yang berkunjung mengenai mata pelajaran tentang cinta lingkungan hidup dan kebudayaan bangsa. Karena terdapat hutan mini yang merupakan lingkungan hidup denga tata letak sesuai kaidah dalam melindungi dan melestarikan flora dan fauna. Dibagian taman terdapat juga beberapa bangunan yang menggambarkan sejarah perkembangan zaman di Indonesia. Di dalam kompleks museum terdapat juga sebuah bangunan joglo dengan arsitektur khas Jawa klasik dan unik yang sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan event – event besar dan  juga pementasan wayang. 

Pada bangunan auditorium museum wayang kekayon dibagi menjadi beberapa bagian, yang disetiap ruangan memiliki benda-benda koleksi yang beragam. Seperti pada Ruangan pertama terdapat koleksi wayang purwa khas Yogyakarta salah satunya wayang Gatot kaca seukuran orang dewasa. Kemudian di ruangan ke 2 memiliki koleksi lengkap dari beberapa lakon wayang seperti Mahabharata, Ramayana, pasca Bharatayuda, Hastina dan Karna Tanding. Selain dari koleksi wayang lakon tersebut terdapat juga beberapa koleksi wayang madya, wayang beber, wayang gedog, wayang klitik, wayang bali, wayang golek dan masih banyak lagi koleksi wayang dari nusantara ataupun mancanegara. 

harga tiket museum wayang kekayon

 

artikel lainnya Tips Memilih Biro Perjalanan Wisata Tour & Travel Berizin

Fasilitas Museum Wayang kekayon

Museum wayang ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kenyamanan pengunjung saat berwisata ke museum ini. Beberapa fasilitas yang di berikan antara lain :

  • Area parkir luas
  • Toilet Umum / kamar mandi
  • Bangunan pendopo besar untuk event-event acara tertentu
  • Ruangan auditorium yang memiliki audio visual
  • Penginapan

Daftar Harga Museum Wayang kekayon

Museum wayang ini juga mengadakan workshop wayang yang cocok untuk pengunjung rombongan yang datang terlebih untuk pelajar. Karena selain harga yang dipatok lumayan murah, pengalaman yang didapatkan pun akan berkesan. Berikut daftar harga workshop wayang museum wayang kekayon dan harga tiket masuk nya :

  • Workshop Wayang  Rp.20.000,00/orang
  • Tiket Masuk (wisatawan lokal) Rp 7.000
  • Tiket Masuk (wisatawan asing) Rp 10.000
  • Membawa Kamera Rp 10.000

Untuk kegiatan workshop wayang yang diberikan berupa pelatihan membuat wayang, menggambar wayang, dan mewarnai wayang. Dan untuk jam bukanya museum ini buka setiap hari Senin – Jumat jam 08.30 – 14.00 WIB lalu hari Minggu tutup kecuali sudah reservasi sebelumnya.

lokasi museum wayang kekayon

 

baca juga Museum Affandi – Foto, Harga Tiket dan Lokasi

Lokasi Museum Wayang Kekayon

Letak museum ini mudah di jangkau karena berada tidak jauh dari pusat kota Jogja yang secara geografis beralamat di Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Bila anda tidak membawa kendaraan pribadi saat liburan di Jogja kami menyediakan sewa mobil Jogja dengan armada yang lengkap dan untuk perencanaan liburan keluarga / trip rombongan kantor di Jogja anda dapat mengunakan paket wisata Jogja dari kami.

Untuk lokasi lengkapnya cek via Google Map berikut.