Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Museum terlengkap  Ke-2 di Indonesia

 

Museum Sonobudoyo Yogyakarta dikenal banyak orang sebagai kota yang memiliki potensi objek Wisata  Sejarah yang sangat tinggi. Tak kalah dengan ragam wisata lainnya yang menarik wisatawan. Salah satu objek Wisata Sejarah yang ada di Yogyakarta yaitu  Museum Sonobudoyo yang berlokasi di seberang alun-alun Utara Yogyakarta. Wisatawan dapat menggunakan alat transportasi pribadi atau umum untuk menuju ke museum ini. 

 

wiratourjogja.com

 

Baca Juga : Museum Memorial Jenderal Besar Soeharto

Koleksi tersebut sebagian besar adalah sumbangan dari Java Institut. Sebelum diresmikan, dulu Museum Sonobudoyo merupakan sebuah yayasan dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali serta Lombok. Yayasan tersebut berdiri pada tahun 1919 dengan nama Java Institut di Solo. Setelah kemerdekaan Indonesia, museum ini diserahkan untuk dikelola Pemerintah DIY. Meskipun dahulu museum ini sempat dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, pada akhirnya Museum Sonobudoyo diserahkan kembali ke Pemerintah DIY sebagai pemegang otonomi daerah.

 

wiratourjogja.com

 

Terdapat kurang lebih 1200 jenis keris yang dapat pengunjung lihat di dalam museum ini. Keris – keris tersebut berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Tentu bukan hanya keris-keris saja menjadi andalan koleksi di tempat wisata sejarah di Yogyakarta yang satu ini, masih ada banyak benda-benda peninggalan masa prasejarah maupun masa kedatangan Islam di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah kapak batu, teracota, wayang, topeng, batik, kubur batu, dan masih banyak yang lainnya. Museum ini tidak jarang dipakai sebagai pusat mencari referensi berbagai hal yang berkaitan dengan budaya dan sejarah.

Baca Juga : Kampung Edukasi Watu Lumbung Kretek Bantul

Selain memiliki koleksi yang cukup lengkap dengan kondisi museum yang terawat dan sejuk, Museum SB ini juga memiliki halaman yang teduh. Beberapa pohon tumbuh di halaman dan rerumputan yang terawat rapi menjadikan halaman museum menjadi daya tarik tersendiri.

 

wiratourjogja.com

 

Di sekeliling lokasi ruangan depan pengunjung juga bisa melihat koleksi gamelan dan alat musik Jawa lainnya. Pada event-event tertentu, gamelan tersebut akan dimainkan untuk menambah kemeriahan acara. Memasuki ruangan museum, pengunjung dilarang membawa minuman. Pengunjung boleh menitipkan barang bawaan ataupun minuman yang dibawa di meja penjaga. 

Lokasi dan Harga Tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta

 

 

Museum Sonobudoyo yoogyakarta terbagi menjadi 2 unit, yang pertama berada di Jl Trikora Nomor 6 Yogyakarta. Sementara untuk unit yang kedua lokasinya berada di Ndalem Condrokiranan Wijilan, Yogyakarta. Tidak sulit menempuh perjalanan ke Museum Sonobudoyo karena letaknya yang berada di pertengahan kota. Tempat wisata sejarah di Yogyakarta yang satu ini bisa Anda tempuh dengan jalan kaki dari kawasan Malioboro.

Pameran Tetap :

  • Selasa – Kamis    : Jam 08:00 – 15:30 WIB
  • Jumat                : Jam 08:00 – 14:00 WIB
  • Sabtu & Minggu : Jam 08:00 – 15:30 WIB

Senin dan hari besar atau libur nasional tutup 

Pagelaran Wayang :

  •  Senin – Sabtu   : Jam 20:00 – 22:00 WIB

Minggu dan hari besar atau libur nasional tutup

 

Harga Tiket :

  • Dewasa     Rp. 3.000,
  • Anak–anak    Rp. 2.500,
  • Wisatawan Asing    Rp. 5.000,
  • Pagelaran Wayang    Rp. 20.000

Untuk Lokasi lebih jelasnya cek Google Map berikut : 

 

 

 

 Paket Sewa Mobil 

Paket Sewa Avanza  Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari 

Paket  1 Hari Paket  2 Hari 1 malam Paket  3 Hari 2 malam
Paket  4 Hari 3 malam Paket  5 Hari 4 malam Paket  Study Tour

 
 Tujuan Wisata Bisa Di Rubah 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *