Museum Sangiran Jawa Tengah

3.7 (73.33%) 3 votes

Pesona dan Ilmu Pengetahuan yang ada di Museum Sangiran

Mungkin diantara sahabat pernah merasakan beberapa tempat wisata yang ada di Propinsi Jawa Tengah, mungkin ada juga yang belum mengunjungi tempat wisata di sana. Disini sahabat bisa bercerita mengenai tempat wisata yang pernah sahabat kunjungi. Ada beberapa tempat yang sangat terkenal dan biasanya banyak yang menjadi tempat wisata favorit buat para pecinta wisata, diantaranya seperti Candi Borobudur, Candi pawon dan masih banyak  tempat wisata lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Museum Sangiran
Pesona Wisata Museum Sangiran

Di Jawa Tengah ada salah satu tempat wisata yang bisa memperlihatkan kepada kita mengenai kehidupan manusia purba di jamannya. Di tempat ini kita bisa juga berlajar sekaligus berwisata untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman yang ada, mungkin dari beberapa sahabat sudah pernah mengunjungi dan merasakan atsmosfer yang ada di lokasi wisata ini. Lokasi wisata ini adalah Museum Sangiran.

Belajar Sejarah di Museum Sangiran

Museum Sangiran itu sendiri merupakan salah satu museum yang terdapat di Jawa Tengah. Museum ini berlokasi di dalam kawasan yang sering di sebut sebagai kubah Sangiran. Museum yang lebih tepatnya berlokasi di kawasan wisata Desa Krikilan Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Museum Sangiran ini merupakan sebagai wadah atau tempat penyimpanan koleksi benda-benda peninggalan manusia pada zaman prasejarah, dan koleksi di musium ini bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran sejarah.

Keberadaan Museum Sangiran sangat bermanfaat untuk mempelajari tentang kehidupan dan apa yang di lakukan manusia prasejarah untuk mempertahankan hidup mereka, sebab di museum ini di lengkapi dengan koleksi peninggalan kebudayaan pada zaman masa prasejarah.

Lokasi Museum Sangiran ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi, kalau tidak mau repot dalam mengemudikan mobil atau bus, sahabat bisa menggunakan jasa rental mobil jogja.

Lingkungan sekitar museum sangiran ini terbilang sangat nyaman untuk di datengin maupun di jadikan tempat sebagai lokasi pembelajaran. Disamping nyaman juga cukup tenang sehingga kita dalam pembelajaran sejarah akan lebih fokus dan lebih banyak ilmu yang bisa di dapat.  Museum ini sangat cocok untuk sebagai pembelajaran dari anak tingkat SD hingga tingkat Perguruan Tinggi. Koleksi benda-benda peninggalan yang ada di museum ini dapat dijadikan dan dipergunakan sebagai sumber pembelajaran sejarah yang bersifat visual.

Sebagai cagar budaya dan sumber ilmu pengetahuan manusia prasejarah, museum ini harus tetap kita jaga dan lestarikan, dan menceritakan kepada anak cucu kita mengenai museum ini, sebab ilmu sejarah itu sangat mahal di karenakan sejarah sebagai cikal bakal kehidupan sekarang dan masa depan bisa kita rasakan dari sekarang. Ada kata untuk lebih mencintai akan sejarah, ” Bangsa yang kuat adalah bangsa yang mengetahui sejarah bangsa itu sendiri, dan bagaimana bangsa itu di bangun dan di dirikan hingga bertahan sampai sekarang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*