Museum Pesawat Dirgantara Yogyakarta

Wisata Edukasi Museum Pesawat Dirgantara

 

Museum Pesawat Yogyakarta –  Wisata Edukasi Museum Pesawat Dirgantara Yogyakarta ini terletak di Jalan Kolonel Sugiono, Kompleks Lapangan Udara Adi Sucipto, Wonocatur, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejarah singkat diresmikannya Museum Dirgantara Mandala adalah pada tanggal 4 April 1969 oleh Panglima Angkatan Udara Laksamana Udara Rusmin Nuryadin berkedudukan di Makowilu V Tanah Abang Bukit, Jakarta. Namun dengan penuh pertimbangan dan karena Yogyakarta merupakan pusat perjuangan TNI AU periode 1945-1949 serta tempat lahir. Maka Yogyakarta dipilih sebagai tempat pindah Museum Dirgantara Mandala, dan diresmikannya kembali pada tanggal 29 Juli 1978.

 

museum pesawat yogyakarta

 

Untuk mengobati rasa penasaran wisata jogjakarta  mengenai alutsista udara khususnya, tak ada salahnya kita mengunjungi Museum Dirgantara Mandala. Di museum ini terdapat berbagai koleksi di enam gedung, yang jumlahnya lebih dari 10.000 buah, 36 pesawat tebang, 1.000 foto , 28 diorama, lukisan-lukisan, pakaian dinas, sejumlah buku yang disimpan diperpustakaan dan tanda kehormatan.

 

Museum Pesawat Jogja

 

Karena lokasinya yang terletak di perkotaan membuat tempat wisata edukasi ini patut dikunjungi dan sangat mudah dijangkau para orang tua yang ingin memberikan pengetahuan tentang pesawat sekaligus berwisata, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik bus umum dan turun di SD Angkasa setelah flyover Janti. Kemudian hanya perlu berjalan sekitar 200 meter saja sampai ke lokasi museum.

Jika menggunakan Trans Jogja pengunjung bisa turun di shelter Janti karena itu adalah halte terdekat. Jika menggunakan kendaraan pribadi, setiap kendaraan yang dipakai perlu melapor terlebih dahulu ke petugas yang sedang berjaga, mengingat kawasan ini masih merupakan kawasan militer. Identitas diri yang bisa dipakai seperti SIM, KTP atau kartu identitas lain.

Baca juga Artikel : Wisata Alam dan Kuliner Sobo nDeso, Bantul

Harga Tiket dan Jam Buka Museum Dirgantara Mandala

Museum ini adalah museum yang terbilang murah. Harga tiketnya saja hanya Rp 4.000 per orang. Untuk berwisata ke sana, pengunjung bisa datang mulai pukul 08.30 sampai 15.00 WIB setiap harinya. 
 

Untuk Lokasi lebih jelasnya ikuti Rute melalui Google Map berikut.

 

 

 

Baca juga Artikel : Kuliner Mie Ayam Palembang Porsi Jumbo, Yogyakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *