museum batik yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta – Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Info Lokasi, Rute dan Harga Tiket Museum Batik Jogja

 

Museum Batik Jogja – Objek wisata edukasi di Yogyakarta yang satu ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda selama di Jogja. Khususnya untuk anda yang ingin mengenalkan kepada anak-anak lebih dalam tentang salah satu warisan budaya batik yang satu ini. Menjadi museum batik pertama dan terlengkap di Yogyakarta yang diresmikan pada tahun 1979. Dan juga merupakan salah satu museum yang terdapat di Yogyakarta ini sangat layak di kunjungi. Di museum ini selain akan mendapatkan pengetahuan tentang Batik, anda juga dapat melatih skill anda dalam membantik. Karena terdapat pelatihan dasar membatik dengan harga yang cukup murah.

museum batik yogyakarta

Museum batik Jogja ini berlokasi di pusat kota Jogja hanya berjarak 2.2 Km dari pusat Kota Jalan Malioboro, berada di jalan Jl. Dr Sutomo, Danurejan Yogyakarta membuat museum ini sangat mudah diakses. Menjadikan tempat yang cocok untuk melakukan studytour karena berdekatan dengan malioboro, sehingga bila sudah lelah seharian mengunjungi museum batik dan wisata edukasi disekitarnya rombongan studytour bisa beristirahat dan berbelanja di malioboro. Museum ini awalnya dibangun sebagai museum pribadi milik  seseorang yang ingin melestarikan budaya Batik. Lalu di buka untuk umum dengan tujuan ingin memperkenalkan lebih luas tentang batik khususnya batik Jogja. Dengan kekhawatiran akan perubahan batik dan mulai menenggelamkan corak Batik originalnya. Terutama untuk hasil instan batik yang melalui proses printing pada industri teksil yang dinilai akan meninggalkan kaidah dan seni dari mencanting batik.

artikel lain Museum Affandi – Foto, Harga Tiket dan Lokasi

Museum ini dulunya didirikan oleh Hadi Nugroho & Istrinya Dewi Sukaningsih, beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya pada tahun 1960. Tetapi pada masa itu museum ini belum memiliki campur tangan dari pemerintah DIY, kemudian pada tahun 1979 tempat ini dijadikan museum resmi dan di akuisisi oleh Pemerintah Yogyakarta. Sehingga akte dari Museum Batik ini tercatat nomor 22 yang di terbitkan pada tahun 1977 yang kemudian di perbaharui lagi pada tahun 2014. Museum ini telah meraih penghargaan dari UNESCO dengan diberikannya sertifikat sebagai  warisan kultural dunia pada tahun 2001 lalu. Dengan perolehan sertifikat dari UNESCO tersebut membawa dampak baik juga bagi Kota Yogyakarta dengan di berikan nya nama Kota Batik oleh WCC pada tahun 2014.

Visi misi museum batik Jogja

Hal tersebut dikarenakan Museum ini memiliki tujuan yang jelas mengenai visi dan misi yang terus tertanam dan dijalankan sejak didirikannya bangunan museum ini. Museum batik Jogja ini dibangun dengan maksud untuk membangun kerja sama yang baik dari setiap lapisan masyarakat sekitar ataupun perusahaan – perusahaan yang memiliki tujuan untuk terus melestarikan dan memajukan budaya Batik ini. Dengan terus melestarikan budaya membatik dengan tidak meninggalkan point – point penting dalam kaidah membatik walaupun saat ini sudah menggunakan teknologi canggih dalam membatik.

 

museum batik jogja

Di museum ini memiliki galeri yang menampilkan koleksi batik dengan berbagai motif dan corak dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti beragam batik yang berasal dari Jawa Tengah sperti Batik asal Solo dan Yogyakarta. Beragam motif batik dari daerah pasisiran yang di dominasi oleh Batik asal Demak dan Semarang, pekalongan, Cirebon, Kedungwuni dan Lasem, Ragam Imogiri, Ragam Madura, Ragam Kulonprogo dan ragam Kebumen dan masih banyak lagi. Selain itu paket untuk pelatihan membatik juga recomended untuk anda ikuti. Selain harganya murah pelatihan ini tidak begitu rumit cocok untuk pemula. Anda akan dibimbing oleh pembarik profesional mulai dari sikap memegang kain saat membatik, kemudian membuat pola, menentukan motif sampai cara membentuk motif menggunakan canting dan mewarnainya.

baca juga Tips Memilih Biro Perjalanan Wisata Tour & Travel Berizin

Fasilitas Museum Batik Jogja

Fasilitas yang diberikan di museum ini adalah jasa pemandu untuk mempermudah pengunjung mengenali seluruh koleksi museum. Pengunjung tidak perlu membayar biaya lagi untuk menggunakan jasa pemandu karena sudah termasuk ke dalam tiket masuk. Serta terdapat beberapa fasilitas lain seperti :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Toko souvenir

Untuk yang ingin mencari penginapan, didekat museum ini terdapat beberapa penginapan. Salah satunya adalah Hotel Museum Batik Yogyakarta yang kental dengan nuansa budaya tradisional terlebih kerajinan batik.  Memiliki letak strategis karena berdekatan dengan Museum Batik,dan juga tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Hanya 5 menit untuk sampai ke Malioboro.

Harga Tiket dan Jam Buka Museum Batik Jogja

Museum Batik Jogja ini buka pada hari Senin – Sabtu mulai jam 09.00 – 15.00 WIB dengan tiket masuk museum Batik ini terbilang murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000. 

  • Tiket Masuk Rp 20.000
  • Pelatihan Membatik /Jam Rp 40.000
  • Paket Pelatihan Membatik Rp 85.000 – Rp 95.000

Lokasi Museum Batik

Secara geografis museum ini beralamat di Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211. Yang berokasi di tengah kota Yogyakarta sehingga tidak sulit untuk mengunjungi Museum Batik Jogja ini menggunakan angkutan umum. 

Untuk lokasi lengkapnya cek via Google Map berikut.