museum tni ad dharma wiratama

Museum Angkatan Darat Jogja – Harga Tiket dan Lokasi

Wisata Edukasi ke Museum Angkatan Darat Dharma Wiratama

 

Museum Angkatan Darat Jogja – Museum TNI Angkatan Darat Dharma Wiratama merupakan sebuah museum khusus untuk menampilkan rekam jejak angkatan darat semasa penjajahan sampai setelah Indonesia merdeka. Didalam nya terdapat banyak alat-alat perang besar yang digunakan pada zaman dulu. Tedapat juga beberapa dokumentasi bakti dari prajurit TNI Angkatan Darat. Banyak sekali berbagai macam jenis senjata yang dipajang di museum ini, mulai dari yang ukurannya besar seperti tank dan meriam gunung sampai beberapa senapan-senapan kecil yang diletakkan di kotak kaca. Lalu ada juga senjata-senjata non senapan seperti golok, pisau, samurai dan berbagai jenis Tank yang juga menjadi koleksi dari museum Angkatan Darat Jogja ini.

Koleksi dari berbagai macam senjata di era perjuangan Indonesia tersebut diperkirakan mencapai 4.230 buah yang diletakkan kedalam beberapa ruangan. Diberi nama Dharma Wiratama yang berarti pengabdian luhur. Museum ini berdiri sejak tanggal 8 September 1968 dengan tujuan untuk mengenang perjuangan dan pengabdian pahlawan TNI AD kita terlebih saat era perjuangan dulu.

museum tni ad dharma wiratama

 

baca juga Museum Affandi – Foto, Harga Tiket dan Lokasi

Bagian – bagian museum angkatan darat Jogja

Ruangan pemajangan senjata di museum ini memiliki sebanyak 21 ruang termasuk halaman depan yang menampilkan beberapa Tank dan meriam. Berikut ruangan-ruangan yang kami ketahui yang terdapat di museum TNI AD Dharma Wiratama ini :

1. Halaman Depan Museum

Sebelum memasuki gedung museum, pengunjung akan disambut dengan koleksi Tank Stuart dari Amerika yang berkaliber 37mm dengan Meriam Gunung dari Swedia, Amerika dan Jepang berkaliber 7,5 cm.

2. Ruang Pengantar

Ruangan ini terletak di bagian depan gedung utama yang berfungsi sebagai ruang pengantar agar pengunjung dapat memahami nilai dan arti perjuangan dan pengabdian para pejuang. Diruangan ini menampilkan berbagai kronologi perjuangan melawan penjajahan.

3. Ruangan kerja Letjen dan Panglima Besar

Didalamnya terdapat koleksi dari ruangan kerja Jenderal Sudirman seperti meja kerja, telepon, rute gerilya, kursi tamu dari rotan dan foto setengah badan. Juga terdapat ruangan kerja dari Letjen. Urip Sumoharjo dengan koleksi yang pajang berupa kursi tamu, telepon, meja kerja dan foto setengah badan.

4. Ruangan Palagan

Diruangan ini memajang berbagai macam koleksi senjata dan perlengkapan yang digunakan TNI saat peristiwa 8 palagan besar di Indonesia.

5. Ruangan Senjata

Ruangan yang didalamnya menampilkan banyak senjata yang digunakan selama masa perjuangan Indonesia melawan penjajah mulai dari senjata api dan senjata tajam.

museum tni ad jogja

Dimuseum ini juga terdapat koleksi dari dapur umum pada zaman perang dulu seperti tungku kayu, dinding dengan anyaman bambu dan gentong tempat air. Semuanya menggambarkan persis seperti pada zaman dulu. Saat masuk ke museum ini, Anda akan merasakan atmosfer seperti masuk dalam jajaran kesatuan militer yang terlihat tegas dan disiplin dalam menjaga kedaulatan negeri. Selain koleksi dari senjata-senjata perang zaman dulu di museum angkatan darat Jogja ini juga menghadirkan sejumlah teknologi modern dibidang multimedia. Terdapat beberapa aplikasi teknologi Digital Book, C-Optic dan Augmented Reality. Dengan bertujuan untuk menghilangkan kesan bahwa sebuah museum terlihat tampak membosankan terutama dikalangan anak muda.

artikel lainnya Rafting Sungai Oyo – Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi

Lokasi Museum Angkatan Darat Jogja

Lokasi dari museum ini berada di Jl. Jend. Sudirman No.75, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dapat di akses dengan mudah. Terletaknya yang dekat dengan pusat Kota Jogja, wisata ini cocok untuk anda kunjungi bersamaan dengan kunjungan anda ke objek wisata Jogja yang berada di tengah kota lainnya. 

Lokasi lengkapnya gunakan Google Map berikut.