Masjid Mataram Kotagede

Rate this post

Saat menikmati wisata yang ada di Jogja, mungkin kita bisa mampir di kota tua yang ada di sini. Sampai di kota tua atau kotagede sempatkan untuk mampir disalah satu Masjid tertua di sini. Masjid ini merupakan bangunan tempat ibadah umat islam yang dibangun sekitar tahun 1640, dam merupakan masjid tertua di jogja. Masjid tertua tersebut adalah Masjid Gedhe Mataram atau Masjid Mataram Kotagede.

kotagede 1

Masjid Mataram ini terletak di desa wisata Jagalan, Banguntapan, Bantul, lebih tepatnya berada disebelah selatan pasar kotagede / pasar legi. Masjid Gedhe Mataram ini salah satu bangunan tertua di jogja peninggalan kerajaan Mataram, dan menjadi saksi bisu perkembangan islam pada waktu itu. Masjid yang dibangun oleh Sultan Agung bergotong-royong dibantu oleh warga sekitar, merupakan bentuk toleransi antar umat beragama pada masa itu. Sebab sebagian besar penduduk pada waktu itu masih memeluk agama hindu dan budha, akan-tetapi mereka ikut membantu dengan senang hati. 

Salah satu bentuk bukti toleransi umat beragama saat itu dan sampai sekarang masih bisa dilihat adalah bentuk bangunan Gapura depan masjid. Gapura ini berbeda dengan bentuk gapura pada masjid lainnya sebab bentuk gapura pada masjid ini menyerupai tempat peribadahan umat hindu. Masyarakat sekitar menyebut Gapura tersebut dengan nama gapura rana/kelir. Saat mau masuk ke masjid melalui gapura ini harus berbelok ke kanan.

Setelah melalui Gapura tersebut anda bisa melihat bangunan masjid yang cukup luas dan asri. Saat disana anda mungkin merasakan suasana adem dengan hembusan angin yang sepoy-sepoy. Sebelum masuk ke masjid atau dibadian teras masjid terdapat kolam ikan kecil/parit. Kolam kecil ini dahulunya digunakan untuk saluran drainase setelah air digunakan untuk berwudlu.

Dan masih banyak lagi bukti sejarah perkembangan islam pada masa itu, dan bukti toleransi antar umat beragama, yang saling membantu dalam sosial bermasyarakat. Masjid ini selalu ramai dikunjungi, serta masjid ini masih digunakan sampai sekarang. Saat di sini anda juga bisa menikmati masakan khas jogja yaitu Gudeg serta mencari cinderamata khas kotagede. Beginilah Jogja yang mempunyai banyak tempat wisata dan memiliki sejarah yang perlu di pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*