Keunikan Candi Abang

Rate this post

Candi Abang yang Penuh Misteri

candi abang

Keindahan wisata alam yang ada di jogja memang tidak akan pernah ada habisnya bila mau dijelajahi, salah satu wisata alam tersebut adalah wisata candi. Ada bermacam-macam candi yang tersebar di kawasan wisata candi Jawa Tengah yang salah satunya merupakan candi borobudur, termasuk di kawasan wisata candi jogja yang memiliki candi prambanan yang namanya pun sudah terkenal dan mendunia.

Lokasi dan cerita Candi Abang

Di kawasan wisata candi di jogja ada salah satu candi unik yang sama sekali berbeda dengan candi-candi lainnya yaitu Candi Abang. Candi abang berada di wilayah Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk sampai ke tempat wisata candi unik tersebut bisa melaluinya dari jalan Jogja-Solo, yang menuju kearah wilayah Prambanan. Setelah sampai di kawasan Terminal Prambanan, carilah Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Disana akan ada papan petunjuk arah kekanan (barat) bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana. Candi Abang berada di daerah puncak bukit di pinggir jalan desa, sekitar kurang kebih 1,5 kilometer di sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan.

Keunikan dari Candi Abang tersebut adalah karena candi ini dibangun dengan menggunakan batu bata merah. Candi ini menarik untuk di kunjungi karena agak tidak lazim, jika ada sebuah candi yang berbahan dasar batu bata merah di daerah wisata candi Jawa bagian tengah, khususnya di wisata candi jogja. Sayangnya kita tidak bisa melihat lebih jauh tentang relief yang ada di Candi Abang tersebut karena candinya terkubur di dalam tanah yang berbentuk seperti Bukit Teletubbies. Itu alasannyanya, Candi Abang menarik karena agak tidak lazim saja. Selain banyak dikenal dengan nama candi abang berbah, Candi ini juga sangat popular dengan sebutan lain yaitu bukit Teletubies. Karena bentuknya yang mirip dan membentuk seperti bukit yang ada di dalam film teletubies, jadi kebanyak orang-orang sekitar menyebutnya bukit teletubies.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id
 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*