Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung Kretek Bantul

WISATA WATU LUMBUNG Dari namanya saja sudah tergambar bahwa tempat ini merupakan tempat wisata edukasi yang menarik. Jangan bayangkan Watu Lumbung ini dibangun dengan kemegahan seperti tempat-tempat wisata lainnya. Justru Watu Lumbung ingin lebih mengenalkan alam kepada banyak orang. Hampir semua bangunan di tempat ini memanfaatkan bambu dan kayu sebagai bahan utama. Perabot yang ada di sana juga kebanyakan menggunakan bambu ataupun kayu.

wiratourjogja.com

Baca Artikel lainnya : Museum Soeharto Sedayu Yogyakarta

Berbeda dengan pantai Watu Lumbung wonosari yang ada di daerah Gunung kidul atau Watu Lumbung Purwantoro yang ada di Wonogiri, di mana Kampung Watu Lumbung Bantul ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam pesisir Jogja selatan dari atas bukit yang asri. Konsep edukasi yang ditawarkan oleh tempat wisata ini berkaitan dengan alam. Sehingga pengunjung bisa belajar untuk lebih dekat dengan alam dan memahami bagaimana hubungan antara manusia dengan alam. Terlihat dari beberapa program wisata yang ditawarkan. Pengunjung bisa mencoba menanam pohon, memasak, dan sebagainya. selain itu pengunjung juga bisa mendapatkan souvenir atau makanan gratis jika menyumbang 3 buku ke tempat wisata ini.

 

wiratourjogja.com

 

Di Kedai Wedangan yang merupakan bagian dari Watu Lumbung, pengunjung bisa menukarkan 3 buku layak baca dengan satu paket makanan gratis. Hal ini dilakukan karena pihak Watu Lumbung sedang membangun perpustakaan yang bisa diakses warga setempat. Dengan menyumbang buku, pengunjung tersebut sudah memberikan empati dan tindakan nyata untuk membantu warga setempat untuk mendirikan perpustakaan di tempat tersebut.

wiratourjogja.com

Baca Artikel lainnya : Wisata Upside Down World Jogja

 

Datang ke tempat ini, kamu akan diminta untuk menanam pohon di polybag yang telah disediakan. Jika kamu mau melakukan itu, maka jerih payahmu itu akan dihargai Rp 2.500. Uang itu bisa kamu jadikan diskon jika kamu memesan menu di tempat itu. Kawasan ini juga telah dijadikan tempat konservasi burung. Maka suara burung akan kamu temukan di sini.

wiratourjogja.com

Fasilitas Kampung Edukasi Watu Lumbung

Di Kampung Watu Lumbung ini fasilitas yang disediakan lumayan lengkap seperti halnya tempat wisata lain. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata ini.

  1. Tempat Parkir : untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi tidak usah khawatir, karena tempat wisata ini telah menyediakan lahan yang cukup luas yang bisa digunakan untuk tempat parkir kendaraan.
  2. Mushola : untuk para pengunjung yang beragama muslim juga tidak perlu kebingungan mencari tempat beribadah. Di kampung watu lumbung ini telah disediakan sebuah mushola yang dibangun dengan bahan utama bambu lengkap dengan sarung dan mukena.
  3. Tempat Makan : ada beberapa tempat makan yang bisa anda kunjungi seperti kedai susu, lembayung, kedai wedang dan pusat sate kiloan. Di mana semua kedai tersebut memiliki keunikan sendiri, seperti di kedai wedang untuk bisa mendapatkan diskon anda bisa membantu membersihkan piring atau memasak makanan yang anda pesan.
  4. Area Camping Ground : Di kampung watu lumbung ini juga disediakan area yang bisa digunakan untuk menginap, di area tersebut para pengunjung bisa menikmati keindahan alam Jogja Selatan malam hari sambil beristirahat dan keosakan harinya akan disungguhi pemandangan matahari terbit yang indah.
  5. Toilet : Tentu saja fasilitas yang satu ini harus selalu ada di tempat wisata, nah di kampung watu lumbung ini juga memiliki toilet yang bersih. Di mana toilet ini bisa dibilang sebagai back to nature karena dinding toilet ini terbuat dari bilik bambu dan bak penampung airnya terbuat dari tanah liat.
  6. Perpustakaan : seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa di tempat wisata ini terdapat sebuah perpusatakaan sederhana, di mana semua buku yang ada di perpustakaan ini merupakan hasil sumbangan dari para pengunjung. Pengelola membuat perpustakaan ini dengan harapan dapat meningkatkan budaya membaca untuk masyarakat sekitar dan para pengunjung.
  7. Gardu Pohon : Sebuah bangunan yang menyerupai rumah pohon yang dibangun di atas pohon jati, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dan banyak para pengunjung yang rela antri untuk bisa berfoto.

Untuk lokasi lebih jelasnya cek Google Map berikut.

 

 Pilih Wisata 1 – 5 Hari  

Paket 1 Hari Paket 2 Hari 1 Malam Paket 3 hari 2 Malam
Paket 4 Hari 3 malam Paket 5 hari 4 Malam Paket Study Tour

 

 Pilihan Paket Sewa Mobil 

 

 Paket Sewa Avanza   Paket Sewa Innova 
 Paket Sewa Toyota Hiace   Paket Sewa Elf Short 
 Paket Sewa Elf Long   Paket Sewa Medium Bus 
 Paket Sewa Big Bus   Paket Sewa Toyota Fortuner 
 Paket Sewa Toyota Camry  Paket Sewa Toyota Alphard  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.